Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana jika Kursi Ujian UTBK Habis?

Kompas.com - 28/03/2021, 08:31 WIB
Retia Kartika Dewi,
Dandy Bayu Bramasta,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 tersisa 4 hari lagi, atau hingga 1 April 2021.

Akan tetapi, banyak pendaftar yang bingung dan khawatir karena habisnya kursi ujian di lokasi pusat UTBK yang dekat dengan domisili mereka.

Sebelumnya, para pendaftar disarankan agar memilih lokasi UTBK yang terdekat dengan wilayah domisili.

Imbauan ini disampaikan agar tak ada perpindahan atau mobilitas dari satu daerah ke daerah lain untuk mengikuti ujian UTBK-SBMPTN 2021 untuk mencegah penyebaran virus corona.

Akan tetapi, banyak warganet yang mengeluhkan susahnya mendapatkan kursi ujian di wilayah pusat UTBK yang dekat dengan tempat tinggal mereka.

Bahkan, ada yang mengaku mencoba puluhan kali di berbagai lokasi pusat UTBK, hasilnya sama: kursi ujian telah habis.

Bagaimana jika kursi ujian UTBK habis? Apa yang harus dilakukan?

Berikut penjelasan dan arahan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) jika pendaftar mendapati keterangan kursi ujian UTBK habis, disarikan dari sejumlah berita Kompas.com:

1. Coba lagi

Saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/3/2021), Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo meminta peserta atau pendaftar yang menghadapi kendala dan gagal memilih pusat UTBK untuk bersabar.

Budi mengimbau kepada peserta yang mengalami hal ini untuk menunggu terlebih dulu dengan terus memantau perkembangan informasi.

"Ya sementara, 1-2 hari ini tunggu dulu. Kalau habis pasti akan kami infokan agar pilih pusat UTBK yang lain," kata dia.

Baca juga: LTMPT: Pilih Pusat UTBK di Luar Domisili Tidak Didiskualifikasi

2. Pilih lokasi pusat UTBK lain, tidak ada diskualifikasi

Pendaftar dapat mendaftar di pusat UTBK di luar wilayah domisili jika jumlah kursi di pusat UTBK wilayah domisili pendaftar telah habis.

Ketua Tim Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih menekankan, mereka yang memilih tes di luar wilayah domisili tidak akan didiskualifikasi.

"Kalau di wilayah yang bersangkutan habis, silakan saja pilih wilayah yang disukai. Tidak ada diskualifikasi," ujar Nasih saat dihubungi Kompas.com, Sabtu, (27/3/2021).

Jika harus memilih lokasi UTBK di luar wilayah domisili, peserta atau pendaftar tersebut harus mengikuti aturan dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 daerah. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com