Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trending "Magelang", Kenapa Orang Sering Salah Sebut Borobudur di Yogyakarta?

Kompas.com - 22/02/2021, 13:00 WIB
Rendika Ferri Kurniawan

Penulis

KOMPAS.com - Selebgram, Anya Geraldine, berlibur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu.

Ia menginap di salah satu resor mewah di kawasan Borobudur yakni Plataran, menikmati sarapan pagi di ketinggian di Enam Langit, menaiki VW wisata berkeliling Borobudur, sampai belajar membatik.

Di salah satu unggahannya di Twitter, Anya Geraldine salah menuliskan twit 'Indahnya Jogja' sebagai caption foto dirinya sedang berada di Plataran.

Unggahan tersebut ramai dikomentari warganet di Twitter hingga menjadikan kata "Magelang" trending di Twitter.

Sebagian besar komentar meluruskan bahwa lokasi Borobudur ada di Magelang, bukan di Yogyakarta.

Seperti twit balasan dari akun @ameliasfyn di unggahan Anya di Twitter.

Baca juga: Menko PMK Cari Tahu Kedudukan Candi Borobudur di Agama Buddha, Ini Hasilnya

Kenapa orang sering salah sebut lokasi Borobudur?

Dalam unggahan foto Anya Geraldine di Twitter pada 31 Januari 2021 lalu, ia terlihat sedang berfoto di Plataran Heritage Borobudur Hotel.

Marketing Communication Plataran Hotel and Resort, Chatarina pun membenarkan bahwa Anya Geraldine sempat menginap selama satu malam di Plataran Heritage Borobudur Hotel.

Anya juga turut dalam VW tour, mengunjungi Enam Langit by Plataran dan menilik home industry setempat.

Ia mengatakan, alamat dari Plataran Heritage Borobudur sendiri berada di Dusun Kretek, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Enam Langit di Dusun Butuh, Candirejo, Borobudur, Magelang.

"Betul, Plataran Heritage Borobudur Hotel berada di Kabupaten Magelang," kata Chatarina kepada Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Banyak yang mengira Borobudur berada di Yogyakarta, tetapi sebenarnya ada di Magelang. Hal ini karena jaraknya yang sangat dekat dengan Yogyakarta.

Kepada tamu-tamu yang akan menginap di Plataran, pihak Plataran sendiri selalu memberikan informasi tersebut, sehingga para tamu memahaminya.

"Kami selalu memberikan informasi kepada para tamu soal itu (Borobudur di Magelang)," kata dia.

Baca juga: Menko PMK Usulkan Situs Keagamaan di Candi Borobudur Direkonstruksi Ulang

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein, mengatakan, banyak orang yang berkunjung ke Borobudur dengan melalui pintu masuk dari Yogyakarta, sehingga banyak yang mengira letaknya berada di Yogyakarta.

"Itu karena memang pintu masuk rata-rata dari Yogyakarta, bisa lebih dari 50 persen pintu masuk ke Borobudur lewat Yogyakarta. Dikira secara geografis Borobudur itu milik Yogyakarta. Tetapi kami sudah dalam setiap kesempatan selalu menyampaikan Borobudur itu Magelang," kata Achmad Husein.

Husein mengatakan, sejak lama orang sering salah sebut Borobudur di Yogyakarta. Namun, pihaknya terus mengedukasi kepada masyarakat.

"Iya (sejak dulu), mudah-mudahan ini dengan adanya Borobudur menjadi satu dari lima destinasi super prioritas, semakin masyarakat tahu Borobudur ada di Magelang. Insya Allah optimistis. Kita terus mengedukasi ke masyarakat bahwa Borobudur di Magelang," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com