Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WHO Kirim Tim ke Wuhan Usut Asal-usul Covid-19, Bagaimana Tanggapan China?

Kompas.com - 18/12/2020, 06:05 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan adanya sebuah tim yang terdiri dari 10 ilmuwan internasional yang akan melakukan perjalanan ke kota Wuhan, China untuk menyelidiki asal-usul Covid-19 pada Januari 2021.

Dikutip dari BBC, Kamis (17/12/2020), selama ini Beijing enggan menyetujui adanya penyelidikan independen dan butuh negosiasi selama berbulan-bulan agar WHO diizinkan mengakses kota itu.

Sebelumnya, virus corona diduga berasal dari pasar seafood Huanan, Kota Wuhan. Namun pencarian sumber tersebut telah menimbulkan ketegangan, terutama dengan AS.

Pemerintahan Presiden Donald Trump sempat menuduh China berusaha menyembunyikan wabah sejak awal.

Baca juga: Kasus Terus Menanjak, Ini 11 Gejala Infeksi Covid-19 yang Harus Diwaspadai

Apa tujuan investigasi?

Seorang ahli biologi dalam tim yang melakukan perjalanan ke Wuhan mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa WHO tidak berusaha untuk menyalahkan, melainkan untuk mencegah wabah di masa depan.

"Ini benar-benar bukan tentang menemukan negara yang bersalah," kata Fabian Leendertz dari Robert Koch Institute Jerman.

"Ini tentang mencoba memahami apa yang terjadi dan kemudian melihat apakah berdasarkan data tersebut, kami dapat mencoba mengurangi risiko di masa depan," tambahnya.

Dr Leendertz mengatakan tujuannya adalah untuk mengetahui kapan virus corona mulai beredar dan apakah itu berasal dari Wuhan atau tidak.

Misi itu diharapkan berlangsung selama empat atau lima minggu.Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui soal OTG pada Covid-19

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com