Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato Presiden Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Akan Dilanjutkan

Kompas.com - 20/10/2019, 17:19 WIB
Mela Arnani,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam pidato yang disampaikan Joko Widodo di acara upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 menyinggung masalah infrastruktur pembangunan.

Jokowi menegaskan, pembangunan infrastruktur masih menjadi fokus kerja pemerintahan lima tahun ke depan.

Ia menambahkan, fokusnya antara lain membangun infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi.

Selain itu, infrastuktur yang mempermudah akses ke kawasan wisata, mendongkrak lapangan keja baru, dan mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat.

Baca juga: Pidato Presiden, Jokowi Ajak DPR Terbitkan Dua UU Besar

Berikut pidato lengkapnya:

"Pembangunan infrastruktur akan kita lanjutkan. Infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, yang mempermudah akses ke kawasan wisata, yang mendongkrak lapangan kerja baru, yang mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat," kata Joko Widodo di Jakarta, Minggu (20/10/2019) sore.

Jokowi kembali terpilih menjadi presiden, artinya ini merupakan periode kedua ia menjabat di posisi yang sama.

Pada periode 2014-2019, Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Sebagai tambahan informasi, penelusuran Kompas.com pada 17 April 2019 lalu, catatan jalan dan jembatan yang dibangun dalam 4 tahun pemerintahan Jokowi-JK antara lain jalan sepanjang 3.432 kilometer, jalan tol sepanjang 947 kilometer, jembatan sepanjang 39,8 kilometer, dan jembatan gantung sebanyak 134 unit.

Selain itu, ada 10 bandar udara baru yang dibangun di periode pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, seperti Bandara Miangasm Ketung, Tebeliang, Maratua, Morowali, Namniwel, Weru dan Koroway Batu.

Sebanyak 408 bandara di daerah rawan bencana, terisolasi dan wilayah perbatasan direvitaslisasi dan dikembangkan.

Hingga tahun 2017, ada 43 bendungan yang dibangung, dan target pada 2019 akan terbangun 65 bendungan di seluruh Indonesia dengan kapasitas tampung sebesar 2,11 miliar meter kubik.

Baca juga: CEK FAKTA: Klaim Hasil Kerja Jokowi-JK dalam Tiga Tahun Pemerintahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com