Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ungkap Kriteria Mendikbud, Ini 5 Profil Mendikbud Sebelumnya

Kompas.com - 22/08/2019, 13:20 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan tentang kriteria Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di periode kedua pemerintahannya.

Ia mengatakan salah satu kriteria yang harus dimiliki Mendikbud ke depan adalah mampu melaksanakan kurikulum yang mampu menggunakan teknologi.

Jokowi menyebut, sosok Mendikbud nantinya harus memiliki tantangan untuk menyamakan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau dan kabupaten atau kota.

Menurutnya, penyamaan kualitas pendidikan itu dapat terwujud apabila kurikulum diterapkan menggunakan teknologi.

Sebelum membahas tentang siapa Mendikbud kali ini, berikut ini 5 profil Mendikbud sebelumnya:

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Abdul Malik FajarKompas.com/SABRINA ASRIL Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Abdul Malik Fajar

1. Abdul Malik Fajar

Prof. Drs. H. A. Malik Fadjar merupakan Menteri Pendidikan Nasional pada Kabinet Gotong Royong.

Ia lahir di Yogyakarta pada 22 Februari 1939. Ia menyelesaikan pendidikannya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Malang, dan dilanjutkan di University of Florida pada tahun 1981.

Selain pernah menjadi Menteri Pendidikan Nasional Kabinet Gotong Royong, Abdul Malik juga pernah menjabat sebagai Menteri Agama Kabinet Reformasi Pembangunan (1998-1999).

Baca juga: Jokowi Ungkap Kriteria Mendikbud di Kabinet Baru

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Senin (19/1/2015), Abdul Malik Fadjar juga masuk dalam sembilan angota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Presiden Jokowi.

Kini ia aktif mengajar di Universitas Islam Negeri Jakarta dan Universitas Muhamadiyah Malang.

Bambang SudibyoKOMPAS/PRIYOMBODO Bambang Sudibyo

2. Bambang Sudibyo

Bambang Sudibyo menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional pada Kabinet Indonesia Bersatu (2004-2009).

Melansir dari website resmi Muhammadiyah, Bambang merupakan Guru Besar Universitas Gadjah Mada. Ia juga merupakan mantan Menteri Keuangan RI.

Bambang Sudibyo lahir di Temanggung, Jawa Tengah pada 8 Oktober 1952. Ia menempuh pendidikan di jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada dan lulus S1 pada tahun 1977.

Pada tahun 1979 ia dikirim oleh negara untuk mengambil program MBA di Universitas North Carolina AS. Usai lulus, ia melanjutkan pendidikan ke Universitas Kentucky sampai tahun 1985 mengambil program doctor bidang business administration.

Di bidang sosial dan politik, ia pernah menjadi Anggota MPR RI Fraksi Utusan Golongan, sejak Mei 2001-2004 mewakili ISEI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com