Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maqam Ibrahim, Pijakan Nabi Ibrahim Saat Membangun Kakbah

Kompas.com - 28/06/2023, 18:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

Sumber NU Online

KOMPAS.com - Maqam Ibrahim merupakan salah satu peninggalan bersejarah Nabi Ibrahim yang terletak di sekitar Kakbah di Mekkah.

Perlu di pahami, Maqam Ibrahim bukan makam atau tempat dikuburkannya Nabi Ibrahim, melainkan bekas pijakan Nabi Ibrahim.

Melansir NU Online, maqam adalah istilah dalam Bahasa Arab yang artinya tempat berpijaknya dua kaki, kedudukan seseorang, berdiri, bangkit, bangun, atau berangkat.

Dalam sejarah Islam, Maqam Ibrahim diceritakan sebagai batu yang dibawa oleh Nabi Ismail dan digunakan pijakan oleh Nabi Ibrahim saat membangun Kakbah.

Berikut asal-usul Maqam Ibrahim.

Baca juga: Sejarah Kurban, Telah Ada Sejak Zaman Nabi Adam

Sejarah Maqam Ibrahim

Maqam Ibrahim disebutkan dalam beberapa ayat Al Quran, salah satunya surat Al-Baqarah ayat 125 yang artinya berbunyi, "Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah (Kakbah) tempat berkumpul dan tempat yang aman bagi manusia. Dan jadikanlah Maqam Ibrahim itu tempat salat."

Maqam Ibrahim adalah batu yang memiliki bekas tapak kaki Nabi Ibrahim.

Banyak riwayat yang menjelaskan mengenai asal-usul Maqam Ibrahim, salah satu yang paling masyhur diriwayatkan oleh Said bin Zubair, bahwa batu itu adalah tempat Nabi Ibrahim berdiri ketika membangun Kakbah bersama Nabi Ismail.

Baca juga: Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail Membangun Kakbah

Di atas batu yang dibawakan Nabi Ismail itulah, Nabi Ibrahim berdiri dan membangun Kakbah yang semakin tinggi.

Konon, batu tersebut berfungsi layaknya tangga yang bisa naik dan turun dengan sendirinya, sehingga memudahkan Nabi Ibrahim untuk menjangkau Nabi Ismail yang mengulurkan batu penyusun Kakbah kepadanya.

Menurut sejarawan Al-Kurdi, meski Maqam Ibrahim tingginya hanya 20 sentimeter, atas mukjizat Allah batu tersebut dapat naik dan turun sesuai kebutuhan Nabi Ibrahim.

Manakala satu sisi telah selesai, batu itu dipindahkan ke sisi berikutnya, demikian seterusnya hingga semua tembok Kakbah selesai dibangun.

Setelah pembangunan Kakbah selesai, Nabi Ibrahim diperintah oleh Allah untuk menyeru manusia agar manunaikan ibadah haji.

Diceritakan bahwa dari atas Maqam Ibrahim ini pula, Nabi Ibrahim memenuhi perintah Allah untuk menyeru manusia agar berhaji.

Baca juga: Kisah Nabi Ibrahim Mencari Tuhan

Letak Maqam Ibrahim

Maqam Ibrahim berupa batu dengan tinggi 20 sentimeter, panjang ketiga sisinya masing-masing 36 sentimeter, dan panjang satu sisinya 38 sentimeter.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com