Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Harus Memberi Salam Terlebih Dahulu Sebelum Pertandingan Pencak Silat?

Kompas.com - 14/02/2022, 12:20 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Sikap salam adalah sikap yang dilakukan seorang pesilat sebelum memulai pertandingan. Lantas mengapa harus memberi salam terlebih dahulu sebelum pertandingan pencak silat?

Sebagai seni bela diri tradisional yang telah menjadi bagian dari budaya Indonesia, pencak silat memiliki banyak nilai luhur.

Pencak silat menjadi olahraga yang diselenggarakan untuk melestarikan budaya Indonesia sekaligus menanamkan nilai-nilai karakter kepada generasi bangsa.

Dilansir dari buku Pencak Silat (2015) karya Erwin Setyo Kriswanto, S.Pd., M.Kes.AIFO, belajar pencak silat sesungguhnya adalah belajar tentang kehidupan.

Baca juga: Gerakan Khusus Pencak Silat dengan Merangkak

Pencak silat memiliki empat aspek utama yaitu aspek mental spiritual, aspek seni, aspek bela diri, dan aspek olahraga.

Oleh sebab itu, pencak silat tidak hanya mengajarkan cara membela diri, tetapi juga bagaimana cara bersikap dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu contoh pelajaran yang terkandung dalam pencak silat adalah saling menghormati satu sama lain.

Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk sikap salam atau hormat yang dilakukan pesilat sebelum memulai latihan atau pertandingan.

Baca juga: Pelanggaran Ringan dalam Pencak Silat

Dilansir dari situs web Inirumahpintar.com, sebelum melakukan latihan atau pertandingan, pesilat harus memberikan salam terlebih dahulu kepada pelatih atau penonton.

Jadi, seorang pesilat harus memberi salam terlebih dahulu sebelum pertandingan pencak silat sebagai tanda saling menghormati.

Selain itu, sikap salam juga digunakan untuk memanjatkan doa kepada Tuhan agar diberi keselamatan dan perlindungan ketika berlatih atau bertanding.

Cara Melakukan Sikap Salam Pencak Silat

Pesilat beregu putri Indonesia, Pramudita Yuristya, Lutfi Nurhasanah, dan Gina Tri Lestari bertanding dalam laga final Asian Games 2018 yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Mereka berhasil meraih medali emas.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pesilat beregu putri Indonesia, Pramudita Yuristya, Lutfi Nurhasanah, dan Gina Tri Lestari bertanding dalam laga final Asian Games 2018 yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Mereka berhasil meraih medali emas.

Baca juga: Peraturan Tanding Pencak Silat

Cara melakukan sikap salam dalam pencak silat adalah sebagai berikut.

1. Berdirilah dengan sikap tegak dengan telapak kaki membentuk sudut 90 derajat dan kedua tangan dikepalkan di depan dada.

2. Rentangkanlah kedua lengan ke atas disertai dengan mengucapkan doa kepada Tuhan.

3. Turunkanlah kedua tangan kemudian dirapatkan di depan dada sambil mengucapkan doa.

4. Luruskanlah lengan ke depan dengan lima jari terbuka sambil mengucapkan Pancasila.

5. Tariklah kembali tangan kanan ke depan dada dan kembali ke sikap semula. Bersiaplah untuk melakukan jurus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com