Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manifest Social Problem: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 20/02/2024, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comManifest social problem adalah permasalahan sosial yang bersifat nyata dan dapat dijumpai dalam realitas kehidupan.

Tiap masalah sosial pasti memiliki penyebab atau latar belakangnya, termasuk manifest social problem.

Apa itu manifest social problem dan bagaimana contohnya?

Pengertian manifest social problem

Tawuran antar pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mengakibatkan satu korban luka pada bagian kepala di Jalan Raya Cikunir, Kecamatan Jatiasih, Rabu (31/1/2024) sore.Instagram @infobekasi Tawuran antar pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mengakibatkan satu korban luka pada bagian kepala di Jalan Raya Cikunir, Kecamatan Jatiasih, Rabu (31/1/2024) sore.

Dikutip dari situs UPN Veteran Yogyakarta, manifest social problem adalah masalah sosial yang timbul akibat kepincangan-kepincangan dalam masyarakat.

Kepincangan yang dimaksud ini berarti ada sesuatu yang salah dan harus langsung diperbaiki dalam masyarakat.

Baca juga: 4 Jenis Masalah Sosial yang Terjadi di Masyarakat

Penyebab utama terjadinya manifest social problem adalah ketidaksesuaian tindakan individu terhadap norma dan nilai di masyarakat.

Meski begitu, menurut keyakinan masyarakat, manifest social problem masih dapat diatasai, dicegah, bahkan dihilangkan.

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), manifest social problem adalah masalah sosial yang nyata.

Manifest social problem menjadi salah satu indikator atau gejala sosial yang dapat menimbulkan masalah sosial dalam masyarakat.

Pengertian manifest social problem adalah masalah sosial yang timbul karena ketimpangan nilai dan norma sosial dalam masyarakat.

Baca juga: Mengapa Masalah Sosial Tidak Bisa Dipisahkan dari Kehidupan Manusia?

Contoh manifest social problem

Tangkapan layar rekaman CCTV aksi pencurian di sebuah toko di Malang, Senin (5/2/2024).Tangkapan Layar Tangkapan layar rekaman CCTV aksi pencurian di sebuah toko di Malang, Senin (5/2/2024).

Dalam bahasa Indonesia, manifest social problem sering juga disebut masalah sosial manifes.

Salah satu contoh manifest social problem adalah kasus kemiskinan. Kita sadar betul bahwa kemiskinan adalah masalah sosial yang nyata dan harus diperbaiki.

Selain kemiskinan, contoh manifest social problem lainnya adalah kenakalan remaja, seperti tawuran dan geng motor.

Di masyarakat, contoh manifest social problem yang cukup lazim dijumpai adalah pencurian, narkoba, pertengkaran antarwarga, dan pelanggaran lalu lintas.

Beberapa contoh manifest social problem itu memang cukup sulit untuk diperbaiki dan dicegah. Namun, dengan keterlibatan banyak pihak, masalah sosial itu pasti dapat diatasi.

Baca juga: Hubungan antara Eksklusi Sosial dengan Masalah Sosial

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com