Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sel Dikatakan sebagai Satuan Hereditas Makhluk Hidup?

Kompas.com - 07/09/2023, 12:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Sel adalah unit fungsional terkecil dalam makhluk hidup. Sel memiliki beberaoa julukan, salah satunya adalah satuan hereditas makhluk hidup. Mengapa sel dikatakan sebagai satuan hereditas makhluk hidup? Berikut adalah penjelasannya!

Hereditas adalah pewarisan sifat dari orang tua pada keturunannya. Dilansir dari Encylopedia Britannica, hereditas mencakup keteguhan sifat yang diturunkan dan variasi sifat antar individu dalam suatu spesies.

Kedua aspek hereditas tersebut diwariskan dari induk pada keturunannya melalui materi genetik berupa asam deoksiribonukleat atau DNA.

Baca juga: DNA: Pengertian, Struktur, dan Susunan nya

DNA berisi semua informasi tentang sifat-sifat organisme termasuk bagaimana membangun dan memelihara organisme tersebut.

DNA membentuk rantai panjang yang dilipat menjadi kromosom. Adapun, kromosom disimpan di dalam nukleus atau inti sel.

Ketika reproduksi terjadi, kromosom akan digandakan melalui pembelahan sel untuk menghasilkan keturunan dan mewariskan sifat.

Dilansir dari Medicine LibreTexts, sel membelah dan berdiferensiasi menjadi sel-sel lain dengan peran tertentu yang mengarah pada pembentukan berbagai organ tubuh, sistem, darah, pembuluh darah, tulang, jaringan, dan kulit.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Diferensiasi Sel?

Satu sel tersebut kemudian berkembang menjadi triliunan sel dan membentuk organisme yang baru.

Sebagai keturunan dari induknya, organisme tersebut mewarisi sifat-sifat dan variasi sifat dari induknya.

Dilansir dari Nature, hampir setiap sel dalam organisme multiseluler memiliki rangkaian lengkap DNA yang diperlukan untuk organisme tersebut.

Inilah mengapa sel dikatakan sebagai satuan hereditas makhluk hidup.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com