Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Difusi Terjadi Lebih Cepat dalam Cairan atau Gas?

Kompas.com - 04/09/2023, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Disusi adalah proses transpor zat yang terjadi karena pergerakan molekul bersih. Difusi terjadi pada kecepatan yang berbeda bergantung pada wujud bendanya. Apakah difusi terjadi lebih cepat dalam cairan atau gas?

Jawabannya adalah ya. Difusi dalam gas terjadi lebih cepat daripada difusi pada cairan, berikut adalah penjelasannya!

Difusi adalah pergerakan zar dari daerah berkonsentrasi rendah ke daerah dengan konsentrasi tinggi.

Dilansir dari BBC, difusi terjadi dalam cairan dan gas ketika partikel-partikelnya bertabrakan secara acak. Hal tersebut menyebabkan partikel bergerak dalam lintasan zigzag.

Baca juga: Sifat-sifat Benda Gas

Namun ketika berada dalam perbedaan konsentrasi, gerakan partikel menunjukkan pergeseran. Di mana partikel bergerak ke daerah dengan konsentrasi yang lebih rendah.

Hal ini berkaitan dengan kecepatan difusi dalam cairan dan gas. Di mana difusi dalam gas terjadi lebih cepat daripada difusi dalam cairan.

Hal tersebut dikarenakan energi kinetik yang dimiliki partikel gas lebih besar daripada yang dimiliki partikel cairan.

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, partikel gas juga memiliki jarak antar partikel yang lebih jauh daripada jarak partikel dalam cairan.

Baca juga: Perbedaan Difusi dan Osmosis

Hal tersebut menyebabkan partikel gas bergerak lebih cepat, sehingga mereka bertabrakan dengan lebih keras dan lebih sering

Tumbukan yang lebih keras dan lebih sering itulah yang membuat gas menyebar lebih cepat. Sehingga, secara otomatis difusi gas juga berlangsung lebih cepat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com