Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Wujud Benda Gas

Kompas.com - 23/11/2022, 07:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Benda gas juga bisa mengalami perubahan layaknya benda padat dan cair. Perubahan pada benda gas juga bisa terjadi secara alami dan buatan.

Perubahan tersebut kemudian bisa ditandai sebagai perubahan fisika dan kimia yang memengaruhi struktur unsur kimia yang terkandung dalam zat gas tersebut.

Berikut ini bentuk perubahan wujud benda gas beserta contohnya:  

Mengembun

Mengembun adalah proses perubahan wujud dari benda gas menjadi benda cair. Proses perubahan ini bisa terjadi karena adanya perubahan tekanan suhu yang lebih rendah.

Contoh perubahan benda gas dengan cara mengembun yaitu saat pagi hari menemukan dedaunan basah dengan air embun. Hal tersebut bisa terjadi karena udara di malam hari lebih rendah di bagian bawah dibandingkan suhu udara di atas. 

Jadi saat malam hari banyak oksigen (O2) yang terlepas dan menghasilkan air (H2O) berupa titik-titik atau tetesan butiran air yang kita temukan di permukaan dedaunan.

Perubahan benda gas menjadi cair ini adalah perubahan kimia karena merubah unsur kimia oksigen menjadi air.  

Baca juga: Contoh Perubahan Benda Cair

Mengkristal

Mengkristal adalah perubahan benda gas menjadi benda yang lebih padat. Sama halnya pada proses perubahan dengan cara mengembun, mengkristal juga diakibatkan karena adanya perubahan suhu yang lebih rendah di udara maupun sudah sampai di permukaan bumi.

Contoh perubahan ini pada proses terjadinya salju atau permukaan tutup botol kosong yang lama- kelamaan akan muncul bercak atau gumpalan air.

Proses perubahan tersebut menandakan bahwa benda gas sangat dipengaruhi dengan keadaan suhu dan tekanan yang diterimanya. 

Jika gas udara bergerak bebas maka pemicu terbesarnya juga tidak terbatas, yakni tekanan suhu yang juga bisa terjadi kapan saja.

Pengkristalan termasuk dalam perubahan fisika karena tidak merubah unsur kimia gas hanya merubah bentuk atau wujudnya saja. 

Menyublim 

Menyublim adalah proses perubahan dari benda padat menjadi benda gas. Zat gas yang dihasilkan dari penyubliman ini akan bergerak bebas di udara tanpa batasan.

Perubahan benda ini terjadi kapur barus atau kamper yang diletakkan begitu saja di ruangan terbuka. Jika terlalu lama di ruangan terbuka, lama kelamaan kapur barus tersebut akan habis karena menyublim ke udara. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com