Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Aksesibilitas Menurut Ahli

Kompas.com - 29/07/2023, 12:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Dalam Kamus Bahasa Inggris, accessibility berarti hal yang mudah dicapai. Aksesibilitas tidak hanya sekedar kesediaan segala sesuatu, tetapi juga kesediaan yang mudah dicapai.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut pengertian aksesibilitas menurut ahli, yaitu:

  • Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas Pasal 1 angka 8

Dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas Pasal 1 angka 8 menyatakan bahwa:

Aksesibilitas adalah kemudahan yang disediakan bagi penyandang disabilitas guna mewujudkan kesamaan kesempatan dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan”

Aksesibilitas merupakan ukuran kemudahan lokasi untuk dijangkau dari lokasi lainnya melalui sistem transportasi. Ukuran keterjangkauan atau aksesibilitas meliputi kemudahan waktu, biaya, dan usaha dalam melakukan perpindahan antar tempat-tempat atau kawasan.

Baca juga: Pengertian Tata Krama, Manfaat, dan Jenisnya

  • Menurut Blunden dan Black

Aksesibilitas adalah konsep yang menggabungkan sistem pengaturan tata guna lahan secara geografis dengan sistem jaringan transportasi yang menghubungkannya.

Aksesibilitas adalah suatu ukuran kenyamanan atau kemudahan mengenai cara lokasi tata guna lahan berinteraksi satu sama lain dan mudah atau susah nya lokasi tersebut dicapai melalui sistem jaringan transportasi.

  • Menurut Carr

Aksesibilitas termasuk dalam hak seseorang dalam ruang publik. Akses adalah kemudahan untuk memasuki suatu ruang tergantung pada fungsi ruang tersebut.

Terdapat tiga konsep utama dalam menentukan akses, antara lain: aksesibilitas fisik, aksesibilitas visual, dan aksesibilitas simbolik.

  • Menurut Prajalani

Dilansir dari jurnalnya yang berjudul Aksesibilitas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Sukoharjo (2017), aksesibilitas memiliki definisi yaitu memfasilitasi kemudahan yang pengadaannya ditujukan bagi penyandang cacat dengan penerapannya secara optimal agar tercapai kesamaan kesempatan dalam mengakses berbagai kegiatan sehingga terwujud pemerataan pelayanan dalam aspek kehidupan mengikuti pelayanan fasilitas dan aksesibilitas bagi difabel.

Baca juga: Etika atau Tata Krama Warga Digital 

  • Mneurut Sheth dan Sisodia

Dalam bukunya The 4 A's of Marketing (2012), pengertian aksesibilitas adalah sejauh mana pelanggan dapat dengan mudah memperoleh dan menggunakan produk.

Aksesibilitas memiliki dua dimensi, yaitu:

    1. Ketersediaan: ditunjuk oleh faktor-faktor seperti pasokan relatif terhadap permintaan, sejauh mana produk disimpan di penyimpanan, terkait produk dan layanan.
    2. Kenyamanan: ditunjukan oleh faktor-faktor seperti waktu dan upaya yang diperlukan untuk memperoleh produk, kemudahan yang produk dapat ditemukan di dalam dan berbagai lokasi, kemasan dalam ukuran nyaman.
  • Menurut Sumaatmadja

Aksesibilitas mengandung pengertian terjadinya kesamaan kesempatan bagi semua kelompok sasaran, apapun karakteristik individu maupun kelompok yang melekat pada dirinya, seperti: gender, etnis, agama.

Akses juga dapat berarti tidak terjadinya diskriminasi untuk terlibat dan menikmati manfaat kebijakan atau program karena karakteristik yang melekat pada individu atau kelompok.

  • Menurut Miro

Aksesibilitas merupakan suatu ukuran kenyamanan atau kemudahan mencapai suatu tempat berinteraksi satu sama lain, mudah atau tidaknya suatu lokasi tersebut dicapai dengan suatu alat .

Aksesibilitas  adalah memperhatikan kemampuan seseorang menuju ke tempat orang lain, ke tempat kegiatan, ke sumber daya yang ada, ke tempat pelayanan, ke tempat informasi atau ke tempat yang lain.

Baca juga: Mengapa Tata Krama Menimbulkan Rasa Nyaman?

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com