Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Primordialisme: Jenis, Ciri-Ciri, dan Penyebab Terjadinya

Kompas.com - 24/07/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com Primordialisme adalah adanya ikatan yang terbentuk di dalam sebuah kelompok masyarakat, di mana ikatan tersebut berdasarkan sifat-sifat keaslian seperti hubungan kekerabatan, kesukuan, kelompok, dan agama.

Sifat-sifat ini ada sejak lahir atau sudah melekat secara tradisional. Contohnya, ikatan keaslian yang muncul dari kesukuan, kekerabatan, atau kelompok tertentu yang memiliki sifat-sifat tradisional.

Jika setiap anggota masyarakat memiliki orientasi yang mengutamakan kepentingan bersama atau kelompoknya, maka hal ini bisa dianggap sebagai bentuk primordialisme. Terdapat berbagai jenis kelompok masyarakat, bergantung pada proses pembentukannya.

Baca juga: Primordialisme: Pengertian dan Contohnya

Jenis-jenis primordialisme

Primordialisme dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Primordialisme suku

Primordialisme dengan jenis ini memiliki arti individu yang terlalu terikat dengan sukunya sendiri.

  • Primordialisme agama

Primordialisme dengan jenis ini memiliki arti individu yang menganut suatu agama yang terlalu membanggakan agamanya sendiri tanpa menghormati dan acuh tak acuh pada agama lain.

  • Primordialisme kedaerahan

Primordialisme dengan jenis ini memiliki arti individu yang lebih terikat dengan daerahnya sendiri daripada daerah lain.

Baca juga: Rasisme: Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Menanggulangi

Ciri-ciri primordialisme

Bagi sebagian orang, primordialisme bukan lagi hal yang baru. Karena, pada dasarnya setiap masyarakat sudah terjalin atau terbentuk sebuah ikatan sosial.

Ikatan sosial tersebut memiliki konsekuensi, yaitu adanya masyarakat multikultural, masyarakat yang berusaha mempertahankan keutuhan suatu kelompok, dapat memicunya kontravensi antar kelompok, berhubungan dengan keyakinan, dan cita-cita suatu kelompok.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri primordialisme, yaitu:

  • Berwujud sebagai identitas kelompok

Primordialisme merupakan identitas bagi suatu kelompok, golongan, dan komunitas dalam masyarakat supaya ikatan antar anggotanya semakin kuat.

Ini merupakan wujud sudah siap untuk melawan ancaman dari luar dan loyalitas berupa lebih mementingkan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi.

  • Memiliki cita-cita yang sama

Loyalitas dan kepercayaan yang dimiliki setiap anggota kelompok akan dapat mewujudkan cita-cita suatu kelompok. Jika tidak memiliki cita-cita yang sama, maka kelompok tidak akan memiliki tujuan dan arah bahkan rentan terhadap ancaman dari kelompok atau pihak luar.

  • Konsekuensi dari adanya masyarakat multikultural

Konsekuensi dari adanya masyarakat multikultural merupakan primordialisme yang dianggap sebagai paham atau sikap teguh yang ditunjukkan oleh individu terhadap segala sesuatu yang telah ada dan melekat dari sejak lahir seperti kepercayaan, suku bangsa, agama, ras, dan sebagainya.

Baca juga: Diskriminasi: Pengertian dan Penyebabnya

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com