Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Kelekatan Menurut Ahli

Kompas.com - 17/07/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Istilah kelekatan untuk pertama kalinya dikemukakan oleh seorang psikolog dari Inggris pada tahun 1958 bernama John Bowlby.

Bowlby menjabarkan konsep kelekatan sebagai sebuah kecenderungan manusia untuk menciptakan ikatan afeksi yang kuat dengan orang tertentu.

Dilansir dari buku Child Development (2007) oleh J.W Santrock, pendapat Bowlby, kelekatan adalah ikatan emosional sebagai bentuk perilaku yang ditunjukan oleh individu dalam mencapai atau menjaga kedekatan dengan individu lain yang diidentifikasikan sebagai seorang yang mempunyai kemampuan lebih baik dalam menghadapi hidup.

Baca juga: Pengertian Individu Menurut Ahli

Beberapa pengertian kelekatan menurut ahli, sebagai berikut:

  • Menurut Ainsworth

Dilansir dari jurnalnya Patterns of Attachment: A Psychological Study of The Strange Situation (2014), Ainsworth mengatakan kelekatan adalah ikatan afeksi yang dibentuk antara satu individu dengan individu lainnya dan bertahan sepanjang waktu dan tempat.

  • Menurut Liliana

Kelekatan (attachment) merupakan ikatan emosional yang terus menerus ditandai dengan kecenderungan untuk mencari dan memantapkan kedekatan terhadap tokoh tertentu, khususnya ketika sedang berada dalam kondisi yang menekan.

  • Menurut Santrock

Pengertian kelekatan dalam bahasa sehari-hari adalah mengacu pada suatu relasi antara dua orang yang memiliki perasaan yang kuat satu sama lain dan melakukan banyak hal bersama untuk melanjutkan relasi itu.

Bahasa psikologi perkembangan, kelekatan adalah adanya suatu relasi antara figur sosial tertentu dengan suatu fenomena tertentu yang dianggap mencerminkan karakteristik relasi yang unik.

Selain itu kelekatan juga didefinisikan sebagai ikatan emosional yang kuat antara remaja dan orangtua.

Baca juga: Mengapa Individu dan Masyarakat menjadi Bagian Penting dari Sosiologi?

  • Menurut Martin Herbet

Dalam buku The Social Sciences Encyclopedia (1967), kelekatan mengacu pada ikatan antara dua orang individu atau lebih, sifatnya adalah hubungan psikologis yang diskriminatif dan spesifik, serta mengikat seseorang dengan orang lain dalam rentang waktu dan ruang tertentu.

  • Menurut Shaffer

Kelekatan adalah hubungan emosional yang dekat antara dua orang, yang dikarakteristikkan dengan saling mengasihi dan adanya keinginan untuk menjaga kedekatan fisik, dimana dalam hal ini adalah hubungan emosional antara remaja dan orangtua.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com