Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Pengungkapan Diri Menurut Ahli

Kompas.com - 12/07/2023, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Pengungkapan diri adalah suatu komponen normal kebanyakan relasi. 

Pengungkapan diri termasuk jenis komunikasi di mana seseorang mengungkapkan informasi tentang diri sendiri yang secara aktif disembunyikan. 

Agar lebih memahaminya, berikut pengertian pengungkapan diri menurut ahli, yaitu: 

  • Menurut Johnson 

Dilansir dari buku Komunikasi Antarpribadi: Tujuan Psikologis (2016) oleh A Supratiknya, pengungkapan diri  adalah memberi atau memberikan kepada orang lain tentang masa lalu yang relevan yang pernah dialami serta membagikan kepada orang lain tentang perasaan terhadap sesuatu yang telah dikatakan atau dilakukan, atau perasaan terhadap kejadian-kejadian yang baru saja disaksikan.

Baca juga: Jenis dan Aspek Kontrol Diri

  • Menurut Jourard 

Pengungkapan diri mengacu pada individu yang membuat dirinya sendiri dapat diketahui sepenuhnya oleh satu manusia penting lainnya. 

Selanjutnya, Jourard mengartikan pengungkapan diri berarti pembicaraan mengenai diri sendiri kepada orang lain sehingga orang lain mengetahui apa yang dipikirkan, dirasakan dan diinginkan oleh seseorang. 

  • Menurut Rogers 

Dilansir dari buku Public Relations Perhotelan (2015) oleh Defrian Prataman, pengungkapan diri sebagai suatu keuntungan yang potensial dari pengungkapan diri kita kepada orang lain.

  • Menurut Wheeless 

Pengungkapan diri didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengungkapkan informasi tentang diri sendiri kepada orang lain. 

  • Menurut Karina dan Suryanto

Disadur dari jurnalnya Pengaruh Keterbukaan Diri Terhadap Penerimaan Sosial pada Anggota Komunitas Backpacker Indonesia Regional Surabaya dengan Kepercayaan Terhadap Dunia Maya Sebagai Intervening Variabel (2012), pengungkapan diri adalah kesediaan individu dalam mengungkapkan informasi yang bersifat pribadi tentang diri sendiri kepada orang lain secara sukarela dalam rangka mengembangkan kedekatan (intimacy) terhadap lawan interaksinya.

  • Menurut Fattah 

Pengungkapan diri dapat diartikan sebagai pemberian informasi tentang diri sendiri kepada orang lain. Informasi yang diberikan tersebut dapat mencakup berbagai hal seperti pengalaman hidup, perasaan, emosi, pendapat, cita-cita, dan lain sebagainya.

Baca juga: Faktor-faktor yang Memengaruhi Penerimaan Diri

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com