Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Penelitian, Mulai dari Kuantitatif hingga Campuran

Kompas.com - 19/12/2022, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Penelitian adalah proses mencari tahu, mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk kepentingan ilmu pengetahuan.

Ada banyak jenis penelitian yang bisa dilakukan sesuai kebutuhan, tujuan peneliti, serta obyek yang diteliti.

Setidaknya ada lima jenis penelitian, yakni:

  • Kuantitatif
  • Kualitatif
  • Deskriptif
  • Eksperimen
  • Campuran.

Berikut penjelasannya:

Penelitian kuantitatif

Dikutip dari buku Metodologi Penelitian Kuantitatif (2022) karya Aries Veronica dkk, penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan angka dan data.

Jenis penelitian ini menjadikan perhitungan angka dan data sebagai kegiatan utamanya. Untuk itu, diperlukan populasi dan sampel.

Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan teori hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam.

Baca juga: Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Penelitian kualitatif

Dilansir dari buku Metodologi Penelitian Kualitatif (2022) oleh Muhammad Rizal Pahleviannur dkk, berikut pengertian penelitian kualitatif menurut Koentjaraningrat:

"Penelitian kualitatif adalah penelitian di bidang kemanusiaan yang didasarkan pada disiplin ilmiah untuk mengumpulkan, menjelaskan, menganalisis, dan menafsirkan fakta beserta hubungannya dengan alam, masyarakat, juga perilaku manusia."

Adapun tujuan utama penelitian ini ialah menggambarkan, mengungkapkan, serta menjelaskan sebuah fenomena.

Penelitian deskriptif

Merupakan jenis penelitian yang menggambarkan karakteristik sebuah populasi atau fenomena yang menjadi obyek penelitian.

Secara garis besar, penelitian ini lebih fokus menjelaskan obyeknya, sehingga mampu memberi jawaban atas fenomena yang terjadi.

Tujuan utama penelitian ini adalah membuat deskripsi atau gambaran sistematis dan faktual mengenai hubungan antarfenomena.

Baca juga: Pengertian Metode Kuantitatif dan Kualitatif dalam Penelitian

Penelitian eksperimen

Menurut Asep Hermawan dalam buku Penelitian Bisnis (2005), penelitian eksperimen adalah riset yang mengidentifikasi hubungan kausal antarobyek penelitian.

Adapun tujuan dari jenis penellitian ini adalah mengukur dan mencari tahu pengaruh variabel independen terhadap dependen.

Penelitian campuran

Adalah jenis penelitian yang menggabungkan penelitian kuantitatif dengan kualitatif.

Bentuk penelitian ini jauh lebih kompleks ketimbang jenis lainnya. Sebab, penelitian campuran memadukan fungsi dan metode dari kedua jenis penelitian (kuantitatif dan kualitatif).

Tujuan utama jenis penelitian ini adalah memahami isu yang sifatnya subyektif, namun dikaji dengan pengumpulan data statistik.

Baca juga: 3 Macam Variabel dalam Penelitian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com