Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbandingan Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal

Kompas.com - 22/09/2022, 14:30 WIB
Amelia Bella Benita,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komunikasi merupakan aktivitas dasar pada manusia. Komunikasi yang dilakukan manusia akan membentuk sebuah hubungan satu sama lain di kehidupan sehari-hari. Dengan komunikasi juga membentuk sistem sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. 

Dalam komunikasi dikenal beberapa bentuk atau tipe, yaitu komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi massa, dan komunikasi publik.

Di antara beberapa tipe tersebut, pada kegiatan sehari-hari, manusia lebih sering melakukan komunikasi interpersonal yang menunjukkan sifatnya sebagai makhluk sosial.

Perlunya membangun relasi dengan sesama membuat individu perlu melakukan komunikasi interpersonal atau komunikasi antarpribadi.

Selain komunikasi interpersonal, individu akan sering melakukan komunikasi dengan dirinya sendiri atau yang disebut dengan komunikasi intrapersonal. 

Jika dibandingkan, apakah persamaan dan perbedaan di antara kedua tipe komunikasi tersebut? Dikutip dari buku Komunikasi Antarpersonal (2015) karya Alo Liliweri terdapat beberapa persamaan dan perbedaan antara komunikasi interpersonal dan intrapersonal, yaitu:

Baca juga: 8 Unsur Komunikasi dan Fungsinya

Persamaan komunikasi interpersonal dan intrapersonal

Pada dasarnya, komunikasi interpersonal dan komunikasi intrapersonal memiliki cara utama yang serupa. Cara tersebut dapat dilihat dari unsur-unsur komunikasi yang sama, baik pada komunikasi interpersonal maupun intrapersonal.

Unsur-unsur tersebut antara lain: 

  • Pengirim
  • Encode
  • Pesan
  • Media
  • Decode
  • Penerima
  • Efek komunikasi

Selain kesamaan unsur komunikasi, komunikasi interpersonal dan intrapersonal memiliki proses pengiriman dan penerimaan yang sama, yang membedakan hanyalah sasaran dari proses tersebut, yaitu diri sendiri dan orang lain.

Perbedaan komunikasi interpersonal dan intrapersonal

Perbedaan di antara kedua tipe komunikasi ini dapat dilihat dari beberapa aspek, antara lain :

Baca juga: Komunikasi Intrapersonal: Pengertian dan Tujuannya

  • Jumlah komunikator

Komunikasi intrapersonal merupakan komunikasi yang berfokus pada individu, di mana umpan balik atau respon yang terjadi kembali lagi pada diri sendiri, seperti memikirkan cara lain untuk menyelesaikan suatu masalah.

Berbeda dengan komunikasi intrapersonal, umpan balik atau respon dalam komunikasi interpersonal merupakan komponen utama.

Ketika terjadi proses komunikasi antarindividu, maka seorang komunikan akan berharap bahwa komunikator akan mendengarkan dan memberi tanggapan.

Dapat disimpulkan bahwa, komunikasi interpersonal lebih konfrontatif dibandingkan dengan komunikasi intraoersonal.

Selain itu, jumlah komunikator atau lawan biacara dari komunikasi interpersonal minimal adalah satu, sedangkan dalam komunikasi intrapersonal, komunikan dan komunikator dalam proses komunikasi tersebut adalah dirinya sendiri.

  • Potensi kegagalan

Komunikasi interpersonal memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi dalam proses komunikasi.  Hal tersebut dapat terjadi karena adanya perbedaan persepsi antara komunikan dan komunikator terhadap pesan yang disampaikan dan dapat menyebabkan komunikasi tidak efektif.

Dibandingkan dengan komunikasi interpersonal, komunikasi intrapersonal memiliki tingkat resiko yang lebih rendah karena proses komunikasi hanya terjadi pada dirinya sendiri.

Baca juga: Komunikasi Interpersonal: Tujuan dan Fungsi

  • Kata depan

Perbedaan utama yang dapat langsung terlihat dari kedua tipe komunikasi ini adalah kata depannya. Kata "inter" dalam interpersonal atau "antar" dalam kata antarpersonal memiliki arti between.

Artinya, jika menggunakan kata tersebut berarti terdiri dari dua anggota atau lebih. Contohnya, kata "internasional" berarti "yang terjadi antara bangsa-bangsa".

Lain halnya dengan kata "intra" dalam komunikasi intrapersonal. Kata tersebut menggambarkan tentang sesuatu yang terjadi pada dirinya sendiri.

Contohnya, kata "intraocular" yang memiliki makna segala sesuatu yang terletak atau terjadi di depan mata saya sendiri.

Selain ketiga aspek tersebut, terdapat beberapa perbedaan yang dirangkum dalam tabel berikut :

Komunikasi Intrapersonal Komunikasi Interpersonal
Obyek komunikasi adalah diri sendiri, terkadang juga bukan manusia Obyek komunikasi adalah manusia, terdapat orang lain yang melakukan komunikasi dengan kita
Pertukaran pesan terjadi dalam diri sendiri Pertukaran pesan terjadi dengan individu lain
Ada "share" dengan diri sendiri, melihat sesuatu yang spesifik mungkim sebagai mukjizat Ada "share" dengan orang lain dan sama-sama melihat sesuatu yang spesifik
Bertanya sendiri, menjawab sendiri Anda bertanya, orang lain menjawab
Dapat mengukur perasaan, intensi, spirit, keadaan jiwa atau batin diri sendiri Tidak dapat mengukur perasaan, intensi, spirit, keadaan jiwa atau batin orang lain
Terdapat reaksi terhadap stimulus eksternal namun dianalisis oleh diri sendiri sehingga timbul definisi dalam individu Kedua pihak yang berkomunikasi beraksi dan bereaksi ketika menghadapi stimulus eksternal
Sifat utama adalah impersonal Sifat utama adalah personal
Reflektif: menumbuhkan pertanyaan tentang diri sendiri (self) dan membayangkan tentang "Others" Reflektif: menumbuhkan pertanyaan tentang "Self" dan "Others"
Berbicara, berdialog, berdiskusi, bercerita dengan diri sendiri Berbicara, berdialog, berdiskusi, bercerita dengan orang lain

Baca juga: Komunikasi Interpersonal: Definisi dan Karakteristik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com