Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Statistik dan Statistika

Kompas.com - 08/07/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Statistik dan statistika sama-sama berkaitan dengan data. Keduanya lazim digunakan dalam penelitian atau perhitungan data.

Meski memiliki kemiripan kata, statistik dan statistika tak bisa disamakan. Statistik merujuk pada representasi data. Sementara statistika lebih mengacu pada ilmu.

Pengertian statistik dan statistika

Menurut J. Supranto dalam buku Statistik Teori dan Aplikasi (2000), dalam pengertian sempit, statistik adalah data ringkasan berbentuk angka. Contohnya statistik penduduk.

Sementara dalam artian luas, statistik merupakan ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, penyajian, serta analisis data secara umum.

Statistik dalam arti luas ini sering pula disebut statistika.

Baca juga: Manfaat Statistik dalam Penelitian Sosial

Dikutip dari buku Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial (2018) karya Fajri Ismail, statistika adalah cabang ilmu matematika yang mengharuskan adanya analisis data dari sampel.

Pengertian statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan proses pengumpulan data. Pengolahan dan pengambilan kesimpulannya dilakukan berdasarkan temuan data.

Bedanya statistik dan statistika

Berdasarkan definisi di atas, bisa diketahui bahwa salah satu perbedaan statistik dan statistika adalah ruang lingkupnya.

Statistik hanya merupakan data berbentuk angka. Sedangkan statistika adalah ilmu yang berhubungan dengan proses pengolahan, penyajian, analisis, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data tersebut.

Dilansir dari buku Statistika Terapan (2022) karangan Marhawati dkk, berikut perbedaan statistik dan statistika:

Pembeda Statistik Statistika
Pengertian  Statistik adalah hasil pengolahan data yang disajikan dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik Statistika adalah metode ilmiah untuk mengumpulkan, mengelola, menganalisis, serta menyajikan data
Tujuan Bertujuan untuk memperoleh gambaran atas data yang telah dikumpulkan serta dikaji sebelumnya Data hasil olahan statistika disebut statistik. Oleh sebab itu, statistika secara umum bertujuan mengubah data menjadi informasi statistik yang mudah dimengerti
Metode Menggunakan metode kajian untuk mendapatkan kumpulan data. Memakai metode penelitian, bisa berupa survei atau eksperimen.

Baca juga: Ilmu Statistika: Pengertian, Manfaat, Fungsi, dan Jenisnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com