Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keterampilan yang Harus Dimiliki untuk Membuat Patung

Kompas.com - 18/11/2021, 17:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Membuat patung memerlukan keterampilan dan keahlian. Patung adalah karya seni rupa tiga dimensi yang terdiri dari tinggi atau volume, panjang dan lebar.

Menurut Edwin Buyung Syarif dan Jakob Sumardjo dalam buku Pengantar Studi Seni Rupa (2021), tiap pembuat patung atau seniman punya tujuan tersendiri saat membuat patung.

Ada yang bertujuan untuk memberi keindahan, namun ada pula yang membuatnya sebagai monumen atau peringatan atas sebuah peristiwa.

Dikutip dari jurnal Eksperimen Pembuatan Karya Patung Menggunakan Adonan Tepung Maizena di Kelas IX SMP Swasta Budi Dharma Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2015/2016 (2017) karya Risyah Nanda dan Heri Soeprayogi, biasanya patung terbuat dari bahan kayu, tanah liat, semen, dan gipsum.

Sedangkan untuk cara pembuatannya bergantung pada jenis bahan yang digunakan. Misalnya patung dari kayu dibuat dengan cara dipahat, dan patung dari semen dibuat dengan teknik cetak.

Baca juga: Teknik Pewarnaan Patung

Keterampilan membuat patung 

Apa saja keterampilan yang diperlukan untuk membuat patung? Berikut beberapa keterampilan yang diperlukan untuk membuat patung adalah:

Pemahaman tentang seni patung

Keterampilan utama yang diperlukan untuk membuat patung ialah pengetahuan dan pemahaman soal seni patung, seperti tujuan pembuatan, bagaimana membuat patung yang indah, dan sebagainya.

Pemahaman tentang teknik pembuatan patung

Keterampilan teknik sangat penting dalam membuat patung. Keterampilan teknik ini meliputi pemilihan bahan, pengolahan bahan, teknik pembuatan, dan teknik pewarnaan.

Teknik pemilihan dan pengolahan bahan berarti sang pembuat patung harus mengetahui karakteristik bahan serta bagaimana cara pengolahan yang tepat.

Sedangkan, teknik pembuatan berarti cara yang harus dilakukan untuk membuat patung sampai menjadi sebuah karya seni rupa. Sementara itu, teknik pewarnaan juga diperlukan, karena terkadang teknik ini dibutuhkan.

Baca juga: Perbedaan Teknik Membutsir dan Mencetak pada Pembuatan Patung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com