Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsur-Unsur Seni Patung

Kompas.com - 14/07/2021, 11:45 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Patung termasuk dalam jenis seni rupa tiga dimensi. Karena bisa dilihat dari segala arah dan memiliki ukuran panjang, lebar, serta tinggi atau volume. Patung bisa ditemui di berbagai tempat, dengan fungsi, bentuk, dan ukuran yang berbeda.

Dalam jurnal Kajian Makna Simbolis Patung dan Monumen di Kabupaten Ponorogo sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal (2018) karya Nanda Cahyo Setiaji dan Muhammad Hanif, patung merupakan tiruan bentuk orang atau hewan, yang dibuat dengan menggunakan batu, kayu, tanah liat, logam atau lainnya sebagai bahan pembuatan, dibuat sesuai ekspresi atau keinginan senimannya.

Seni patung sudah ada sejak zaman kebudayaan Hindu-Buddha. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya beberapa arca di berbagai tempat di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, seni patung semakin berkembang di Indonesia.

Unsur-unsur seni patung

Dikutip dari buku Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009 (2009) karya Muhidin M. Dahlan, patung sebagai sebuah seni memiliki sejumlah unsur penting, yaitu:

  • Garis

Dilansir dari buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) karya Sofyan Salam, garis merupakan hasil goresan nyata atau batasan benda, ruang, rangkaian masa, serta warna. Garis menjadi unsur penting bagi sebuah patung. Karena menimbulkan kesan dimensi dan tekstur pada patung.

Baca juga: Cara Membuat Patung dari Tanah Liat

  • Ruang

Adalah bagian yang ada di dalam suatu bentuk. Ruang mengisi suatu bentuk. Unsur ruang tidak bisa dilihat. Unsur ini sering ditemui di dalam karya seni patung dan seni rupa lainnya.

  • Volume

Dalam seni patung, volume diartikan sebagai ukuran panjang, lebar, serta tinggi. Volume dibatasi bidang (bentuk pipih tanpa ketebalan, yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar). Adanya unsur ruang dan trimatra (unsur dan asas desain) menjadikan seni patung memiliki volume.

  • Warna

Warna ditimbulkan karena adanya cahaya yang diterima mata. Dalam seni rupa, warna sangatlah penting, termasuk pemilihannya. Warna berperan penting untuk membedakan kedua bentuk atau kedua rupa.

  • Tekstur

Tekstur adalah sesuatu yang dapat dirasakan atau diketahui lewat sentuhan. Tekstur menjadi salah satu unsur seni patung yang menunjukkan rasa halus maupun kasar. Tekstur bisa bersifat nyata dan semu.

Tekstur nyata artinya permukaan yang diraba sesuai dengan yang dilihat. Sedangkan tekstur semu artinya permukaan yang diraba tidak sesuai dengan yang dilihat.

Baca juga: Macam-Macam Teknik Pembuatan Patung

  • Gelap terang

Unsur ini bisa terjadi karena pengaruh pencahayaan. Sehingga ketika melihat seni rupa, termasuk patung, akan menimbulkan kesan gelap atau terang. Unsur ini bertujuan untuk memberi kesan dimensi atau memperjelasnya.

  • Bentuk

Adalah wujud fisik yang bisa dilihat dengan mata. Unsur bentuk memiliki beberapa komponen pendukung, seperti titik, garis, bidang, serta volume. Keempat susunan komponen ini akan menghasilkan unsur bentuk, sehingga menimbulkan kesan nyata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com