Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penemuan BJ Habibie yang Diakui Dunia Internasional

Kompas.com - 27/09/2021, 15:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - BJ Habibie adalah presiden ketiga Republik Indonesia. Selain dikenal sebagai mantan presiden Indonesia, BJ Habibie juga dikenal sebagai salah satu ilmuwan asal Indonesia.

Jasanya dalam bidang ilmu pengetahuan menghasilkan beberapa karya yang luar biasa. Ada beberapa karya atau penemuan BJ Habibie yang diakui oleh dunia internasional.

Penemuan BJ Habibie yang diakui oleh dunia internasional

Menurut Natsar Desi, dkk dalam buku Masyarakat Cita: Konsepsi & Praktik (2021), salah satu penemuan BJ Habibie yang diakui dunia internasional adalah Crack Progression Theory. Penemuannya ini sering juga disebut Habibie Factor atau Habibie Theory.

Crack progression theory digunakan untuk menjelaskan titik awal retakan pada bagian sayap dan badan pesawat. Dalam buku Smart Learning Skill 4.0 (2021) karya Miswan Thahadi, Habibie Factor merupakan rumus untuk mendeteksi titik awal keretakan, beserta perkembangannya.

Selain Habibie Factor, penemuan lainnya yang juga diakui dunia internasional adalah Habibie Theorem serta Habibie Method. Keduanya merupakan teori penting dalam dunia penerbangan.

Baca juga: Kebijakan Politik Masa Pemerintahan B. J. Habibie

Teori ini menjelaskan tentang materi pembuatan pesawat agar sesuai di segala kondisi dan cuaca, dengan mengedepankan faktor keselamatan penumpang dan awak pesawat. Selain itu, teori ini juga menjelaskan bagaimana cara menghemat perawatan pesawat.

Bila disimpulkan, ada tiga penemuan BJ Habibie yang diakui dunia internasional, yakni:

  1. Habibie Factor atau Habibie Theory
  2. Habibie Theorem
  3. Habibie Method

Sikap apa yang dimiliki Habibie

Sikap yang selalu dimiliki dan ditanamkan Habibie sejak beliau kanak-kanak hingga saat ini adalah kerja keras, hidup disiplin, mempunyai semangat tinggi, serta punya tekad yang kuat.

Semua sikap yang dimiliki Habibie sejak masih kanak-kanak berhasil membawanya pada kesuksesan serta hasil temuan luar biasa yang diakui dunia internasional.

Hal yang dilakukan Habibie untuk menunjukkan sikap cintanya pada tanah air adalah dengan mengharumkan nama bangsa Indonesia di dunia internasional. Hal ini dilakukan dengan penemuan dan hasil karyanya yang luar biasa.

Tidak hanya itu, Habibie juga menunjukkan sikap cinta tanah airnya dengan menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi, serta menjadi Wakil Presiden dan Presiden RI ke-3.

Sikap Habibie tersebut membuktikan bahwa adanya hubungan antara sikap disiplin, kerja kera dan bertanggung jawab dengan prestasi yang dicapai dalam hidup manusia. 

Baca juga: Masa Reformasi di bawah Pemerintahan BJ Habibie

Sikap hidup disiplin, kerja keras, serta bertanggung jawab diperlukan untuk meraih prestasi dan kesuksesan dalam hidup manusia. Ketiga sikap tersebut merupakan sikap positif yang hendaknya diterapkan dalam melakukan suatu hal, khususnya meraih cita-cita.

Sikap disiplin harus diiringi dengan kemauan untuk bekerja keras dan bertanggung jawab. Dengan demikian, prestasi dan kesuksesan bisa dicapai dalam hidup manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com