Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal UAS Biologi: Bukti Peristiwa Fotosintesis

Kompas.com - 24/12/2020, 13:40 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telah lama diketahui bahwa fotosintesis adalah cara tumbuhan untuk membuat makanannya sendiri yaitu karbohidrat. Fotosintesis tumbuhan juga menghasilkan oksigen yang manusia gunakan untuk bernafas.

Namun bagaimana caranya untuk membuktikan bahwa fotosintesis memang menghasilkan karbohidrat dan oksigen? Caranya adalah dengan melakukan percobaan Sachs dan percobaan Ingenhouz yang akan diuraikan pada meteri dibawah ini!

Soal dan Pembahasan

1. Bagaimana cara membuktikan fotosintesis menghasilkan senyawa karbohidrat!

Jawaban:

Cara untuk membuktikan kebenaran bahwa fotosintesis menghasilkan senyawa karbohidrat adalah dengan melakukan percobaan Sachs.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Percobaan Sachs

Satu daun ditutup sebagian dengan dengan alumunium yang tidak tembus cahaya lalu dibiarkan untuk beberapa waktu. Bagian daun yang ditutup tidak terkena cahaya sehingga tidak terjadi reaksi fotosintesis.

Daun tersebut kemudian dipertik dari pohonnya dan alumunium foilnya dilepas. Daun tersebut kemudian dimasukkan kedalam tabung reaksi yang berisi alkohol dan dimasukkan kedalam air mendidih untuk melarutkan klorofilnya.

Baca juga: Bukti-Bukti Peristiwa Fotosintesis

Daun tersebut kemudian diangkat dari alkohol dan ditetesi oleh cairan iodium. Daun yang tidak ditutupi alumunium foil berubah warna menjadi warna biru tua, sedangkan yang tertutup alumunium foil tidak.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com