Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan, Jawaban Soal Belajar dari Rumah TVRI 31 Agustus SMP

Kompas.com - 31/08/2020, 08:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI pada Senin, 31 Agustus 2020 membahas mengenai Perjuangan untuk siswa SMP dan sederajat.

Dalam tayangan tersebut, terdapat tiga pertanyaan. Berikut soal dan jawabannya:

Soal 1: Arti merdeka di masa sekarang tentu berbeda dengan arti merdeka
di masa lalu. Menurutmu apa arti merdeka di masa sekarang?

Jawaban:

Arti merdeka di masa lalu tentu terlepas dari penjajah dan tidak adanya ketetikatan dengan negara lain untuk menguasai atau hanya mengambil keintungannya saja.

Makna merdeka di masa sekarang yaitu bagaimana caranya kita sebagai generasi penerus bangsa mengisis kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Selain itu kegiatan yang mampu membangun bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

Mengisi hal-hal dengan sikap yang baik, yang mencerminkan sikap-sikap tauladan dan tentunya mencetak prestasi baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Tak hanya itu saja, sebagai generasi kuda kita turut menjaga kesatuan tanah air dan persatuan dengan tidak menimbulkan sikap SARA

Bisa berkarya untuk masyarakat, bergoto g royong, berjuang, menghrgai, dan menghormati orang lain. Terpenting adalah mencintai keragaman budaya yang ada di Indonesia.

Soal 2: Bagaimana arti merdeka bagi seorang pelajar?

Jawaban:

Arti merdeka bagi seorang pelajar adalah menuntut ilmu sebanyak mungkin. Hal ini karena jalan untuk mendaptkan ilmu sangat terbuka lebar.

Pada masa lalu, rakyat Indonesia sangat kesusahan untuk belajar, bahkan sekolah. Hanya orang-orang tertentu yang dapt sekolah atau menerima pelajaran.

Dengan akses sekolah dab belajar yng dangat luas, harus dimanfaatkan para generasi muda untuk menimba ilmu setinggi-tinggi. Mengukir prestasi terbaik, untuk membuktikan bahwa Indonesia juga mampu bersaing di tingkat Internasional.

Soal 3: Perjuangan memang belum berakhir, kita harus memaknai arti kemerdekaan dengan tetap berjuang. Buatlah satu cerita pengalamanmu yang berisi perjuangan yang sudah kamu lakukan. Gunakan bahaa Indonesia yang baik dan benar!

Jawaban:

Beberapa contoh pengalaman yang berisi perjuangan adalah dengan menuliskan cerita dengan tema di antaranya:

  • Menjadi pengibar Bendera saat Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia
  • Mengharumkan nama bangsa melalui juara olimpiade
  • Mengharumkan nama bangsa melalui kejuaraan olahraga
  • Ikut dalam organisasi Pramuka atau turut dalam bagian Palang Merah Remaja (PMR)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com