Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Soal dan Jawaban Belajar dari Rumah TVRI 15 Juli 2020 4-6 SD

Kompas.com - 15/07/2020, 08:32 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Soal dan jawaban Belajar dari Rumah TVRI 15 Juli 2020 SD Kelas 4-6 terkait materi Belajar dari Rumah TVRI 15 Juli 2020 SD Kelas 4-6.

Dalam tayangan Belajar dari Rumah TVRI 15 Juli 2020 untuk SD Kelas 4-6 tersebut terdapat tiga pertanyaan.

Berikut ini rangkuman jawaban soal Belajar dari Rumah TVRI 15 Juli 2020 SD Kelas 4-6:

Pertanyaan:

Ceritakan secara singkat proses terbentuknya nama kota Magelang!

Jawaban:

Asal-usul Kota Magelang bermula dari pertarungan antara Raden Purbaya melawan raja jin di hutan Kedu. Raden Purbaya memerintahkan prajuritnya bergerak melingkar seperti gelang untuk mengepung hutan tempat raja jin bersembunyi.

Raja jin tidak bisa melarikan diri dan bertarung melawan Raden Purbaya. Raja jin dikalahkan oleh Raden Purbaya dengan Tombak Kyai Pleret. Strategi Raden Purbaya menggunakan taktik gelang untuk menangkap raja jin membuat keseluruhan wilayah itu disebut dengan nama Magelang.

Pertanyaan:

Tuliskan permainan seperti apa yang dimainkan pada lagu Cublak-cublak Suweng! Coba praktikkan permainan tersebut bersama keluargamu.

Jawaban:

Permainan pada lagu cublak-cublak suweng harus dimainkan oleh banyak anak.

Salah satu pemain posisi tengkurap menghadap lantai. Para pemain lain memutar benda kecil yang bisa berupa batu, kelereng, atau lainnya di atas tangan para pemain yang diletakkan di punggung pemain yang tengkurap.

Para pemain akan menyembunyikan benda kecil itu dari pemain yang tengkurap. Setelah lagu selesai, pemain yang tengkurap harus menebak siapa yang membawa benda kecil itu.

Pertanyaan:

Nasihat apa yang terkandung dalam lagu daerah Jawa Tengah yang berjudul Lir-Ilir?

Jawaban:

Nasihat dalam lagu Lir Ilir adalah perjuangan seorang manusia dalam beribadah di dunia. Pada akhir lagu mengingatkan manusia untuk mengumpulkan amal sebanyak-banyaknya di dunia sebagai bekal kelak ketika manusia menghadap Yang Maha Kuasa.

Untuk materi Belajar dari Rumah TVRI 15 Juli 2020 SD Kelas 4-6, cek link berikut ini:

Baca juga: Materi Belajar dari Rumah TVRI 15 Juli 2020 Kelas 4-6 SD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com