Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Anak Belajar Puisi, Jawaban Soal TVRI 28 April

Kompas.com - 28/04/2020, 11:30 WIB
Arum Sutrisni Putri

Penulis

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 4-6 pada Selasa, 28 April 2020 mengangkat tema Demam Puisi.

Dalam tayangan tersebut terdapat soal sebagai berikut:

Soal: Bagaimana cara Adi belajar puisi?

Jawaban:
Guru di sekolah telah mengajarkan cara membaca dan teknik membaca puisi. Adi terus melatih intonasi dengan mempuisikan percakapannya dengan keluarga, teman dan orang-orang di sekitarnya. Tujuannya agar bisa menjadi juara membaca puisi.

Adi sedang belajar membaca puisi dengan mengamati apa yang ada di lingkungan sekitar dan membuat puisi dari hal-hal yang dilihatnya. Misal, tomat, kucing bahkan orang kurang akal.

Selain itu, belajar puisi dengan mencari di buku-buku, membuat puisi sendiri atau mencari di internet.

Cara anak belajar puisi

Puisi punya banyak manfaat terutama membantu dalam belajar kosakata. Puisi membantu melatih kemampuan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis serta memperluas imajinasi.

Melansir Teaching English, berikut ini cara anak belajar puisi:

  • dengarkan puisi dengan memilih puisi yang sesuai dengan usia dan tingkatan.
  • pelajari puisi dari buku-buku hingga situs-situs di internet.
  • belajar menulis puisi dengan mempelajari contoh-contoh puisi.
  • memahami tentang puisi termasuk rima dan kosakata
  • pelajari teknik membaca puisi.

Cara menulis puisi

Dalam menulis puisi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu perencanaan, karakter, bentuk, judul dan menulis ulang.

Perencanaan puisi untuk memastikan kamu punya cukup waktu dalam membuat puisi. Langkah ini dibutuhkan terutama bagi kamu yang baru pertama kali menulis puisi.

Karakter yang dimaksud adalah sudut pandang penulis dalam puisi, apakah sebagai pengamat atau orang pertama. Dengan obyek puisi bisa berupa manusia, hewan atau menceritakan hal-hal menarik.

Ide-ide untuk menulis puisi dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari atau mengamati lingkungan sekitar. Kamu bahkan bisa mencari inspirasi dengan membaca cerita, membaca buku atau menonton film.

Bentuk puisi tidaklah rumit, bahkan bagi kamu yang baru pertama kali membuat puisi. Puisi tidak harus berima.

Judul dapat menimbulkan dampak besar dan menjadi daya tarik. Penulisan judul sebisa mungkin menarik. Kamu bisa memilih judul yang lucu, pendek atau panjang.

Menulis ulang bermanfaat untuk memastikan kembali puisi yang kamu buat apakah sudah sesuai dengan ide atau gagasan yang diinginkan.

Setelah menulis, diamkan sejenak puisimu untuk dilihat lagi nanti. Atau baca keras-keras puisi yang telah dibuat sebelum yakin dengan hasil karyamu.

Ketika puisi karya kamu sudah jadi, cobalah untuk berlatih membaca puisi secara lantang. Bila perlu bacakan di depan guru, kelas, keluarga dan teman-temanmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com