3 Teknik Membaca Puisi, TVRI 28 April 2020 Kelas 4-6 SD

Kompas.com - 28/04/2020, 09:30 WIB
Tangkapan layar program Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD Selasa 28 April 2020 bertajuk Demam Puisi membahas 3 teknik membaca puisi. KOMPAS.com/Arum Sutrisni PutriTangkapan layar program Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD Selasa 28 April 2020 bertajuk Demam Puisi membahas 3 teknik membaca puisi.

KOMPAS.com - Program Belajar dari Rumah TVRI SD Kelas 4-6 pada Selasa, 28 April 2020 mengangkat tema Demam Puisi. Berikut ini ringkasan materinya:

28 April, Hari Puisi

28 April diperingati sebagai Hari Puisi Nasional sekaligus mengenang wafatnya Chairil Anwar, penyair terkemuka di Indonesia. Chairil Anwar lahir di Medan, 26 Juli 1922 dan wafat di Jakarta, 28 April 1949. 

Ia diperkirakan membuat 96 karya termasuk 70 puisi. HB Jassin menobatkan Chairil Anwar sebagai pelopor angkatan '45 dan puisi modern bersama Asrul Sani dan Rivai Apin.

Teknik membaca puisi

Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam teknik membaca puisi. Teknik membaca puisi harus menggunakan:

  1. lafal
  2. intonasi
  3. tekanan

Berikut ini penjelasannya:

  • lafal harus jelas.

Lafal adalah pengucapan bunyi bahasa yang sesuai dengan alat ucap yang digerakkan. saat membaca puisi membunyikan bunyi hurufnya harus jelas.

  • harus ada intonasi.

Intonasi adalah perubahan nada saat berbicara. dalam membacakan puisi sebaiknya digunakan nada atau intonasi yang sesuai dengan karakter kata dalam puisi. ada naik turun nada agar enak didengar, tidak membosankan dan tidak terdengar rata.

  • tekanan

Tekanan adalah keras atau lembutnya pengucapan bunyi.

Bila sudah memahami ketiganya, pasti akan mudah membacakan puisi dengan baik.

Ekspresi

Ekspresi sangat perlu dalam membaca puisi. Ekspresi akan keluar dengan sendirinya ketika kita menggunakan lafal, intonasi dan tekanan dalam membaca puisi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X