Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berenang Mungkin Merupakan Olahraga Terbaik yang Pernah Ada

Kompas.com - 25/05/2024, 12:34 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ternyata, mendorong massa tubuh seseorang melalui air akan mengaktifkan banyak sistem di seluruh tubuh dan menjadikan olahraga tersebut berdampak besar bagi kesehatan.

Manfaat olahraga berenang

Berenang memberikan serangkaian manfaat spesifik seperti peningkatan kebugaran kardiovaskular dan pernapasan, peningkatan kekuatan dan daya tahan otot, peningkatan massa tubuh tanpa lemak, penurunan risiko cedera traumatis seperti yang terjadi selama aktivitas berdampak tinggi, dan peningkatan kesehatan mental dan kesejahteraan.

Baca juga: Apa Penyebab Kram Kaki Saat Berenang?

Olahraga ini memiliki keuntungan tambahan karena dapat diakses oleh semua usia dan orang-orang dengan keterbatasan fisik – individu yang menganggap aktivitas seperti berlari atau bersepeda mungkin lebih menantang.

Berenang juga merupakan satu-satunya latihan yang dapat Anda lakukan saat memulihkan diri dari operasi, bahkan memulihkan diri dari suatu cedera tertentu.

Baik untuk jantung

Manfaat paling penting yang didapat dari berenang adalah meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian yang terbit pada Clinical Trial menunjukkan bahwa latihan ini juga meningkatkan sirkulasi dan efisiensi kardiovaskular, sehingga risiko serangan jantung dan stroke berkurang.

Berenang dapat menurunkan tekanan darah dengan menurunkan tingkat stres oksidatif dan peradangan di seluruh tubuh.

Berenang juga berdampak pada hubungan antara sistem kardiovaskular dan pernapasan karena paru-paru Anda bekerja lebih keras untuk memenuhi tuntutan detak jantung yang meningkat.

Tekanan hidrostatik saat berenang di air yang dipadukan dengan peningkatan volume darah sentral, menantang sistem pernapasan dan membuat pernapasan menjadi lebih sulit dibandingkan saat bernapas di darat. Proses ini meningkatkan kapasitas paru-paru dan memperkuat otot jantung dan secara signifikan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular.

Baca juga: Apakah Kita Berkeringat Saat Berenang?

Baik untuk setiap otot di tubuh

Berenang juga memiliki dampak yang luar biasa pada sistem muskuloskeletal karena viskositas dan kepadatan air memberikan perlawanan terhadap setiap gaya berenang, sehingga memerlukan penggunaan dan penguatan otot.

Bentuk unik dari ketahanan air ini memiliki keuntungan tambahan berupa penguatan dan pengencangan otot, "tanpa kerusakan akibat angkat beban".

Hal ini juga sering dianggap sebagai keuntungan bahwa seseorang bisa mendapatkan otot yang lebih kencang tanpa harus menghadapi ketidaknyamanan akibat keringat.

Studi menunjukkan bahwa berenang juga meningkatkan rentang gerak, mengurangi nyeri sendi, meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki postur tubuh, dan memperlambat proses penuaan.

Olahraga ini juga telah terbukti membantu penderita multiple sclerosis, dan arthritis, dan baik untuk pengelolaan glukosa darah.

Manfaat kesehatan sosial dan mental

Berenang juga memengaruhi otak dan hubungan seseorang dengan cara yang tidak terduga. Studi menunjukkan bahwa bergerak melalui air meningkatkan aliran darah ke otak dan menyebabkan pelepasan hormon serotonin dan dopamin.

Baca juga: Olahraga Berenang Tetap Perlu Hidrasi, Begini Caranya

Dengan cara ini, berenang dapat memperbaiki gangguan mood dan bahkan telah terbukti meningkatkan fungsi memori. Berenang tidak hanya baik untuk kesehatan mental Anda, tetapi juga cara yang bagus untuk terhubung dan terlibat dengan orang lain di komunitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com