Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roket di Luar Angkasa Tabrak Bulan Hari Ini, Apa Dampaknya?

Kompas.com - 04/03/2022, 19:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Bagian roket yang telah meluncur di luar angkasa selama bertahun-tahun akan bertabrakan dengan Bulan. Tabrakan roket tersebut akan terjadi hari ini Jumat, (4/3/2022) sekitar pukul 07.26 ET atau sekitar 19.26 WIB.

Roket yang akan menabrak permukaan Bulan tersebut meluncur dengan kecepatan sekitar 8.851 km per jam.

Peristiwa ini akan menjadi potongan sampah luar angkasa yang pertama kali secara tidak sengaja menabrak permukaan Bulan.

Namun seperti dikutip dari CNN, peristiwa itu tak akan terlihat dari Bumi karena tabrakan diperkirakan terjadi di sisi jauh Bulan.

"Jika itu (tabrakan) dapat diamati, Anda akan melihat kilatan besar dan debu serta pecahan roket yang hancur, kerikil serta batu besar terlempar, beberapa di antaranya sejauh ratusan kilometer," kata Bill Gray, peneliti independen yang fokus pada dinamika orbital dan pengembang perangkat lunak astronomi.

Baca juga: Roket Akan Menabrak Bulan 4 Maret 2022, Berbahayakah? Ini Kata Ahli

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan tepat di mana roket akan menabrak Bulan adalah melalui foto.

Sayangnya, Lunar Reconnaissance Orbiter NASA, wahana antariksa yang mengorbit Bulan, tak akan berada dalam posisi untuk mengamati dampak yang terjadi.

Akan tetapi, pengamatan mungkin bisa dilakukan setelah roket tabrak Bulan terjadi dengan melihat perubahan pada lingkungan Bulan dan kemudian mengidentifikasi kawah yang terbentuk dari dampak tabrakan.

"Peristiwa ini menjadi peluang penelitian yang menarik," ungkap NASA dalam pernyataannya.

Setelah tumbukan, Lunar Reconnaissance Orbiter NASA dapat menggunakan kameranya untuk mengidentifikasi lokasi tumbukan, membandingkan gambar lama dengan gambar yang diambil setelah tumbukan.

Sementara pencarian kawah tumbukan akan lebih menantang dan mungkin akan memakan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Selain mengakibatkan kawah tumbukan yang diperkirakan dapat mencapai diameter hingga 20 meter, tabrakan roket dengan Bulan hari ini juga memiliki dampak lainnya.

Baca juga: China Bantah Roket dari Misi Change 5-T1 Milik Mereka Akan Tabrak Bulan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com