Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Potongan Daging Ayam, Sapi, dan Babi yang Paling Sehat

Kompas.com - 14/05/2020, 19:30 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Daging adalah salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh. Sumber protein hewani seperti daging memiliki banyak nutrisi yang penting untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan sel tubuh.

“Daging merupakan sumber yang sangat bagus dari protein, zat besi, dan mikronutrien seperti B-12, zinc, dan selenium. Bahkan bagian tulangnya, jika membuat kaldu tulang, kita akan mendapatkan nutrisi seperti kolagen dan zat besi,” tutur Ahli fisiologi olahraga Jim White RDN, ACSM seperti dikutip dari Healthline, Rabu (13/5/2020).

Tiap jenis daging memiliki nutrisi berbeda. Sapi, ayam, dan babi misalnya, memiliki masing-masing kandungan yang sama-sama bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Membandingkan Nutrisi Daging Sapi, Ayam, dan Babi

Namun jika Anda ingin hidup lebih sehat, konsumsi daging bisa dilakukan dengan memilih bagian yang paling tinggi protein dan sedikit mengandung lemak.

Daging sapi

Daging sapi (beef/ red meat) merupakan sumber protein yang memiliki asam amino esensial untuk menunjang aktivitas fisik.

“Sirloin steak adalah salah satu potongan terbaik untuk menunjang diet. Saat memilih daging sirloin, pastikan Anda memilih yang lemaknya paling sedikit,” tutur White.

Ilustrasi daging wagyuDok. Shutterstock Ilustrasi daging wagyu

Bagian lemak yang tebal biasanya menempel pada salah satu sisi daging sirloin. White merekomendasikan Anda untuk memotongnya.

“Selain itu, bagian flank (sayap) juga rendah lemak,” tuturnya.

Daging ayam

Daging ayam (chicken/ white meat) memiliki kandungan protein yang tinggi dengan jumlah lemak lebih sedikit dibandingkan daging jenis lain.

“Bagian dada ayam tanpa kulit adalah potongan dengan lemak paling sedikit. Kalorinya lebih sedikit dibandingkan potongan lain pada ayam, namun dengan kadar protein yang sama tinggi,” tutur ahli diet Jackie Sharp Womble, MS, RDN, LD, EP-C.

Ilustrasi daging ayam.pixabay.com/RitaE Ilustrasi daging ayam.

Selain dada ayam, drumstick juga menjadi opsi potongan yang rendah lemak. Womble mengatakan drumstick memiliki kandungan protein yang hampir sama dengan bagian dada ayam, dengan jumlah lemak yang sedikit lebih tinggi.

Daging babi

Daging babi (pork) memiliki lemak jenuh yang cukup tinggi. Namun, ada beberapa bagian pada daging babi yang memiliki protein tinggi dan baik untuk tubuh.

Tenderloin adalah potongan yang paling baik. Tenderloin pada daging babi memiliki jumlah protein dan lemak jenuh yang tinggi.

Daging babi memiliki asam lemak omega-3 yang lebih banyak dibanding jenis daging lainnya. Daging ini juga memiliki kandungan oleic acid yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com