Hampir Setengah Abad, Ekosistem Hutan Bawah Laut ini Tidak Berubah

Kompas.com - 16/03/2020, 19:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Sudah hampir setengah abad sejak kali pertama disurvei pada 1973, ekosistem hutan bawah laut di Amerika Selatan ini menunjukkan keajaiban alam yang unik.

Sebab, dalam beberapa dekade, hutan rumput laut bawah laut ini ekosistemnya tidak berubah.

Melansir Science Alert, Senin (16/3/2020), hutan ini berada dekat dengan Tierra del Fuego dan berada di bawah ancaman perubahan iklim serta aktivitas manusia.

Namun, para penyelam menemukan bentangan khusus ini memiliki jumlah rumput laut, bulu babi dan bintang laut yang sama seperti awal tahun 1970-an.

Baca juga: Hutan Hujan Amazon Akan Hadapi Titik Kritis, Ini Prediksi Ilmuwan

Bahkan, para peneliti tidak menemukan urchin barrens, yakni jenis biota berbahaya dari landak laut yang dapat mengurangi populasi rumput laut.

"Hutan rumput laut di ujung paling ekstrem Amerika Selatan ini adalah hutan paling murni di Bumi dan tidak banyak berubah sejak awal 1970-an, ketika pertama kali disurvei," kata ahli kelautan Alan Friedlander, dari National Geographic Society.

Friedlander mengatakan pemeriksaan ulang di wilayah terpencil ini sangat berharga di tengah era perubahan iklim saat ini.

"Kondisi hutan ini memberi kita pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana ekosistem ini berfungsi tanpa adanya dampak langsung pada manusia," jelas Friedlander.