Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal Pertama, 11,6 Juta Orang Gunakan MRT Jakarta

Kompas.com - 21/05/2024, 14:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - MRT Jakarta telah melayani sekitar 11.661.698 orang sepanjang Kuartal I-2024.

Dikutip dari laman resmi MRT Jakarta, angka tersebut menunjukkan rata-rata harian mencapai 96.378 orang per hari.

Tren peningkatan angka keterangkutan terlihat di lima stasiun, yaitu Stasiun Dukuh Atas BNI dengan integrasi antarmoda seperti LRT Jabodebek dan commuterline; Stasiun Bundaran HI dan Lebak Bulus Grab sebagai stasiun ujung dengan integrasi transit mitra pengumpan (feeder); serta Stasiun Blok M BCA, Istora Mandiri, dan Senayan Mastercard dengan daya tarik gaya hidup seperti event seni budaya dan pusat perbelanjaan.

Pada tahun 2024, PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan 92.000 orang per hari pada akhir tahun.

Untuk mencapai angka keterangkutan tersebut, PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dari industri wisata seperti sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata.

Baca juga: Proyek Stasiun MRT Jakarta Thamrin dan Monas On Schedule

Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan (feeder) juga mendorong peningkatan angka keterangkutan.

Lebih jauh lagi, moda pengumpan ini juga mengangkut dari kawasan hunian langsung menuju stasiun terdekat.

Terbaru, PT MRT Jakarta (Perseroda) bekerja sama dengan Damri untuk menyediakan layanan pengumpan dari PIK 2 menuju Stasiun Blok M BCA.

Kehadiran angkutan pengumpan ini akan berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, namun juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan (ride sharing).

Secara angka, operator pengumpan ini menyumbang sekitar 22-23 persen angka keterangkutan dari total ridership MRT Jakarta.

Terhitung sejak Mei 2023, waktu operasional ratangga dan stasiun saat akhir pekan yang biasanya mulai pukul 06.00 WIB dan berakhir pada pukul 24.00 WIB, berubah menjadi pukul 05.00 WIB hingga 24.00 WIB sebagai bentuk dukungan terhadap aktivitas masyarakat pada akhir pekan di sepanjang jalur MRT Jakarta.

Bahkan, dalam beberapa event konser musik di sekitar Senayan dan Istora, MRT Jakarta menambah jam operasional hingga pukul 01.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com