Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Tol Pamulang-Cinere Beroperasi, Flat 35 Rumah Subsidi, dan The Grand Outlet Mall Hadir di Bali

Kompas.com - 19/12/2023, 07:59 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) siap mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Pamulang-Cinere sepanjang 3,6 kilometer pada libur Natal 2023 dan tahun baru 2024.

Ruas Pamulang-Cinere merupakan Seksi 2 Jalan Tol Serpong-Cinere dengan panjang total 10,14 kilometer. Sementara Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer telah beroperasi sejak April 2021.

Direktur Utama PT CSJ Mirza Nurul mengatakan, dioperasikannya Ruas Pamulang-Cinere akan memudahkan warga dari arah Bogor atau Depok yang hendak menuju Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng.

Jarak dari Cimanggis ke Cengkareng adalah sekitar 50 kilometer dengan volume capacity ratio (V/C Ratio) masih di 0,2. Maka, jarak tempuh dari Cimanggis ke Bandara lewat Tol Serpong-Cinere hanya sekitar 20-30 menit.

"50 kilometer dengan kecepatan kendaraan 80 kilometer per jam, dari Cimanggis ke Bandara mungkin bisa 20-30 menit," jelas Mirza dalam site visit Tol Serpong-Cinere, Senin (18/12/2023).

Lantas, sampai kapan Tol Pamulang-Cinere akan beroperasi fungsional? Baca di sini Tol Pamulang-Cinere Siap Dilintasi, dari Cimanggis ke Bandara Soekarno-Hatta Cuma 20 Menit

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna memberikan sinyal positif diadopsinya Flat 35 Jepang sebagai skema pembiayaan rumah subsidi di Indonesia.

Herry mengatakan hal itu kepada Kompas.com, usai penandatanganan Nota Kerja Sama antara BP Tapera dan Japan Housing Finance Agency (JHF), di Langham Hotel Jakarta, Jumat (15/12/2023).

"Jika kelak kita adopsi, ini nantinya tidak hanya bagi MBR, juga bisa berpindah ke komersil, mandirilah swasta dari situlah kita mulai kolaborasi," ujar Herry.

Lantas apa itu Flat 35, bagaimana mekanismenya?

Flat 35 yang telah sukses dijalankan di Negeri Sakura, ini merupakan skema pinjaman perumahan dengan suku bunga tetap yang disediakan oleh Badan Pembiayaan Perumahan Jepang atau Japan Housing Finance Agency (JHF) bekerja sama dengan lembaga keuangan swasta.

Karena pinjaman dengan suku bunga tetap adalah jenis pinjaman yang tingkat pinjamannya dan jumlah angsurannya tetap sampai jatuh tempo segera setelah pinjaman ditutup, maka memungkinkan nasabah untuk membuat rencana hidup jangka panjang.

Namun, apa saja manfaat dari skema pembiayaan Flat 35 untuk rumah subsidi ini? Baca informasi lengkapnya di sini Flat 35, Skema Pembiayaan Rumah Subsidi Negeri Sakura yang Bakal Diadopsi Indonesia

Mitsubishi Estate Group dan Grand Outlet Bali Investama (GOBI), anak perusahaan PT Bali Turtle Island Development (BTID), menandatangani perjanjian kerja sama untuk mengembangkan pusat perbelanjaan, The Grand Outlet Bali, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura Kura Bali, Jumat (15/12/2023).

The Grand Outlet Bali dirancang untuk menjadi tujuan belanja terkemuka dan berskala internasional, menyediakan berbagai merek mewah dari beragam produk pakaian, tas dan koper, aksesori, dan lainnya.

Proyek ini dibangun di atas lahan seluas 4,7 hektar, dengan total investasi sekitar 100 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 1,5 triliun.

Pusat perbelanjaan ini terinspirasi oleh konsep Desa Bhinneka yang berarti desa untuk komunitas yang beragam.

Menampilkan varian tempat rekreasi dengan pemandangan indah dan jalan di tepi pantai yang melayani pengunjung domestik maupun internasional, penggemar mode, pencinta kuliner, dan keluarga.

Baca artikel lengkapnya di sini Setelah Karawang, The Grand Outlet Mall Rp 1,5 Triliun Hadir di Bali

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com