Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Hari, 210.000 Kendaraan Lintasi Tol Hutama Karya, Terpadat di Permai

Kompas.com - 07/11/2023, 11:34 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mencatat hingga 31 Oktober 2023, Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) Jalan Tol Hutama Karya lebih dari 210.000 kendaraan setiap harinya.

Peningkatan signifikan terjadi di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sebesar 15% dari periode yang sama tahun 2022, semula 49.000 kendaraan setiap harinya menjadi 56.000 kendaraan.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menyampaikan bahwa trafik tertinggi di JTTS terdapat di Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) dengan total trafik sebesar 16.000 kendaraan.

"Tingginya trafik tersebut didukung dengan tingginya minat masyarakat Provinsi Riau untuk mempersingkat waktu tempuh ke tempat kerja maupun untuk sekedar berlibur saat akhir pekan," ujarnya dikutip dari laman Hutama Karya pada Selasa (07/11/2023).

Baca juga: Perdana di Tol Permai, Hutama Karya Akan Tutup Semua Layanan Top Up Tunai

Menurut dia, trafik di ruas lainnya yang masih cukup stabil di antaranya yakni Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sebanyak 14.000 kendaraaan, Tol Palembang-Indralaya 8.400 kendaraan.

Kemudian, Tol Binjai-Langsa sebanyak 8.200 kendaraan, Tol Pekanbaru-Bangkinang 4.700 kendaraan, Tol Sigli-Banda Aceh 3.000 kendaraan, dan Tol Bengkulu-Taba Penanjung 1.500 kendaraan.

"Dengan terus bertambahnya ruas-ruas baru yang dioperasikan serta didukung dengan infrastruktur yang terpelihara dengan baik dan pelayanan yang optimal, Hutama Karya memastikan bahwa trafik JTTS akan terus meningkat dari tahun ke tahun," tambahnya.

Hutama Karya memprediksi hingga akhir tahun ini, trafik JTTS akan meningkat hingga 19% (YoY) dan akan dilintasi sebanyak lebih dari 59.000 kendaraan setiap harinya.

Perusahaan optimistis target tersebut akan tercapai terutama pada saat momen Natal dan Tahun Baru, di mana pada saat libur akhir tahun, trafik jalan tol diperkirakan akan meningkat signifikan.

Ada pun saat ini, Hutama Karya tengah mempersiapkan layanan Natal dan Tahun Baru dengan melakukan pemeliharaan rutin di seluruh ruas tol.

Khususnya di Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung dan Tol Pekanbaru-Dumai, dengan menggunakan metode pemeliharaan Scraping, Filling & Overlay (SFO) dan rekonstruksi beton rigid.

"Selain itu, kami juga mempersiapkan personil siaga, fasilitas tambahan lainnya dan strategi anti-macet demi keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol," tutup Tjahjo Purnomo.

Baca juga: Dalam Waktu Dekat, Tarif Tol MKTT Naik

Hingga November 2023 ini, Hutama Karya telah mengoperasikan sepanjang 708 km jalan tol yang terdiri dari Tol Bakauheni-Terbanggi Besar 140 Km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung 189 Km, Tol Bengkulu-Taba Penanjung 18 Km, Tol Palembang-Indralaya 22 Km, Tol Indralaya-Prabumulih 64,5 Km.

Lalu, Tol Pekanbaru-Dumai 132 Km, Tol Pekanbaru-Bangkinang 31 Km, Tol Medan-Binjai 17 Km, Tol Binjai Langsa Seksi 1 Binjai-Stabat & Seksi 2 Segmen Stabat-Kwala Bingai 19,5 Km, dan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 2-6 Seulimeum-Baitussalam 50 Km, serta Tol JORR Seksi S 14,25 Km, dan Tol Akses Tanjung Priok 11,4 Km di Pulau Jawa.

Sebagai tambahan informasi, saat ini Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dioperasikan oleh PT Bakauheni Terbanggi Besar Tollroad dan Tol Medan-Binjai dikelola oleh PT Medan-Binjai Tollroad yang merupakan anak perusahaan PT Indonesia Investment Authority sehingga sudah tidak dikelola oleh Hutama Karya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com