Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bill Wyman Ahirnya Ungkap Alasan Hengkang dari The Rolling Stones dan Kehidupannya Setelah Itu

Kompas.com - 29/04/2024, 13:53 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Pemain bass legendaris The Rolling Stones, Bill Wyman, akhirnya buka-bukaan tentang kehidupannya setelah keluar dari band, dan apa yang sedang ia lakukan saat ini.

Bill Wyman secara resmi menjadi personel The Rolling Stones dari tahun 1962 hingga 1993, tetapi sekarang, dengan rekan-rekan lamanya bersiap untuk melakukan tur lagi minggu ini, pria berusia 87 tahun itu berbicara kepada Mirror tentang keputusan mengejutkannya untuk meninggalkan band.

“Saya pergi pada tahun 1991 tetapi mereka tidak mempercayai saya,” kata Bill Wyman, dikutip Senin (29/4/2024).

Baca juga: Bill Wyman Didiagnosis Menderita Kanker Prostat

“Mereka menolak menerima kepergian saya. Baru pada tahun 1993, ketika mereka mulai berkumpul untuk melakukan tur pada tahun 1994, mereka berkata, ‘Sekarang kamu sebenarnya sudah pergi, bukan?’ Dan saya berkata, ‘Saya pergi dua tahun yang lalu’. Mereka akhirnya menerimanya, jadi mereka bilang saya pergi pada tahun 1993,” tutur Bill Wyman.

Menjelaskan keputusannya, Bill Wyman menambahkan: “Saya sudah muak. Itu adalah separuh hidup saya dan saya berpikir, 'Saya punya hal lain yang ingin saya lakukan'. Saya ingin melakukan arkeologi, menulis buku, mengadakan pameran foto dan bermain kriket amal. Saya biasa membaca tentang budaya kuno saat dalam perjalanan dan mengambil foto juga. Saya baru saja menjalani kehidupan lain yang ingin saya jalani.”

Baca juga: Jadi Band dengan Riders Terbanyak, The Rolling Stones Mulai Kurangi Permintaan Riders di Belakang Panggung

Bill Wyman telah menghabiskan 30 tahun terakhir menulis buku, berburu harta karun sebagai pendeteksi logam, dan mengumpulkan berbagai barang, termasuk prangko, poster ruang musik, dan uniknya, buku tahunan Rupert Bear.

“Tumbuh di masa perang, kami tidak mendapat hadiah. Tapi kami punya acara tahunan Rupert Bear yang kami semua bagikan. Saya biasa membacakannya untuk yang lebih muda. Dan kemudian saya mulai mengumpulkannya karena saya tergila-gila pada mereka. Itu adalah sesuatu yang melekat pada saya. Saya memiliki keseluruhan serinya hingga saat ini dan saya memiliki barang-barang lain seperti syal Rupert, lencana, prangko. Saya bisa mengisi museum dengan itu. Mungkin suatu hari," tutur Bill Wyman.

Baca juga: Keith Richards The Rolling Stones Sebut Rekaman dengan Paul McCartney Terasa Seperti Masa Lalu

Bill Wyman sempat kembali dalam album Rolling Stones tahun 2023 berjudul Hackney Diamonds, bermain di lagu cepat “Live By the Sword”. Itu adalah penampilan pertamanya di rekaman Rolling Stones sejak 1991.

Berbicara kepada NME tentang kehadiran Bill Wyman di trek, bersama mendiang drummer Charlie Watts, Ronnie Wood berkata: “Itu adalah ide [produser] Andrew Watt. Kami memiliki lagu ini dengan drum Charlie di dalamnya. Tak satu pun dari kami berada di sana ketika Bill benar-benar melakukan tugasnya. Tapi Andrew bilang dia sangat bersenang-senang dengannya. Dia menutup studio untuknya.”

Baca juga: Lirik Lagu Bite My Head Off, Singel Baru dari The Rolling Stones feat. Paul Mccartney

Pada tahun 2012, Bill Wyman bergabung dengan band tersebut untuk pertunjukan peringatan 50 tahun mereka di O2 Arena London, namun setahun kemudian dia berkata bahwa dia “tidak akan pernah” melakukannya lagi, bersikeras bahwa dia memiliki “hal yang lebih baik untuk dilakukan”.

“Hal yang menyenangkan adalah anak-anak saya melihat saya di atas panggung bersama Stones,” katanya.

“Saya selalu menegaskan bahwa Anda tidak bisa kembali ke masa lalu, dan semuanya tidak akan pernah sama lagi. ini seperti reuni sekolah, atau reuni Angkatan Darat Tony Hancock. Jika Anda mencoba untuk kembali dan menjalin hubungan dengan seseorang, itu tidak berhasil, dan musiknya sama saja. Itu tidak berhasil. Itu hanya sekali saja. Lima menit. Oke, tidak akan pernah lagi. Jangan menyesal, kami masih berteman baik,” tambah Bill Wyman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com