Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naskah Star Wars yang Ditinggalkan Harrison Ford di Rumah Susun London Sekarang Malah Laku Rp 213 Juta

Kompas.com - 23/02/2024, 15:58 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Naskah Star Wars yang ditinggalkan aktor Harrison Ford di sebuah flat (rumah susun) di London justru laku terjual ribuan minggu lalu.

Aktor tersebut diketahui menyewa flat tersebut pada tahun 1976 saat syuting Star Wars: Episode IV – A New Hope dan ketika dia pindah, dia secara tidak sengaja meninggalkan draf naskah film tersebut.

Deskripsi item dari lelang tersebut berbunyi: “Draf keempat STAR WARS EPISODE 1: A NEW HOPE yang telah direvisi – awalnya diberi judul The Adventures of Luke Star Killer yang diambil dari 'Journal of the Whills' oleh George Lucas (Saga I) STAR WARS (15 Maret 1976).”

Baca juga: Harrison Ford Terlihat di Raja Ampat, Bawa Alat Diving

Mengenai asal barang tersebut, deskripsinya menambahkan: “Barang ini berasal dari rumah keluarga tempat Harrison Ford tinggal selama pembuatan film Star Wars sepanjang tahun 1976 dan kemungkinan besar merupakan salinan miliknya yang ditinggalkan bersama dengan barang lainnya.”

Naskah Star Wars itu menjadi menarik karena berisi pemaparan adegan-adegan penting di Star Wars.

“Termasuk adegan saat kami pertama kali bertemu Chewbaca di kantin dan saat Han Solo memperkenalkan Milennium Falcon kepada kru, di antara banyak adegan dan dialog terkenal lainnya termasuk 'Lagipula percakapan yang membosankan,” tambah isi keterangan deskripsinya.

Baca juga: Anthony Mackie Gugup Beradu Akting dengan Harrison Ford di Captain America: Brave New World

Pada akhir pekan lalu, 18 Februari 2024, naskah tersebut terjual seharga 10.795 poundsterling atau setara Rp 213 juta melalui balai lelang Excalibur yang dibeli seorang kolektor yang enggan disebutkan namanya.

Rumah lelang kemudian menambahkan lebih banyak informasi tentang pemilik flat dalam deskripsi barang tersebut, dengan menulis: “Penjual ingat bahwa pada tahun 1976 dia memasang iklan di The Sunday Times ‘Flat to Let’. Dia dan suaminya sedang mencari penginapan di rumah mereka. Harrison Ford datang untuk melihat flat itu dan dia menyukainya. Dia penyewa yang sangat baik dan sangat rapi. Sewa dibayar oleh perusahaan film.”

Baca juga: Cerita Yayan Ruhian soal Kekagumannya terhadap Keanu Reeves hingga Harrison Ford

Jonathan Torode, salah satu pemilik Balai Lelang Excalibur Auctions, dalam pernyataan yang dibagikan kepada BBC News menambahkan: “Penjualan ini menghasilkan penawaran yang kompetitif dari seluruh dunia untuk potongan sejarah Star Wars yang belum pernah dilihat sebelumnya. Asal pribadi membuat mereka benar-benar unik. Kami berharap mereka akan dihargai oleh pemilik barunya seperti halnya pemilik sebelumnya.”

Dalam berita Star Wars lainnya, Daisy Ridley akan mengulangi perannya dalam film Star Wars mendatang yang disutradarai Sharmeen Obaid-Chinoy.

Baca juga: Trailer dan Poster Teaser Star Wars: The Bad Batch Dirilis

Berbicara baru-baru ini dengan Variety, Daisy Ridley berkata, “Saya bersemangat untuk melakukan pekerjaan ini, tapi bukan karena Sharmeen adalah seorang wanita. Film dokumenternya luar biasa. Idenya untuk cerita ini sangat keren.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com