Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kepolisian Incheon Diselidiki Usai Meninggalnya Aktor Parasite, Lee Sun Kyun

Kompas.com - 24/01/2024, 16:20 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Penyelidik Kepolisian Provinsi Gyeonggi Nambu pada hari Selasa (23/1/2024) menggerebek kantor polisi regional Incheon atas tuduhan kebocoran informasi terkait penyelidikan narkoba terhadap bintang film Parasite, Lee Sun Kyun.

Kematian Lee Sun Kyun pada bulan Desember 2023 memicu kritik dari berbagai kalangan terhadap cara penanganan kasus tersebut.

Bong Joon Ho, sutradara Parasite, dan banyak anggota industri budaya dan hiburan negara lainnya kompak muncul mengeluarkan pernyataan awal Januari 2024.

Mereka bersama-sama menyerukan penyelidikan atas kematian Lee dan dugaan kebocoran informasi investigasi yang melibatkan mendiang aktor tersebut.

Baca juga: Sutradara Parasite, Bong Joon Ho Desak Penyelidikan Menyeluruh Kasus Lee Sun Kyun

Lantas apa yang sebenarnya terjadi hingga kepolisian Incheon menghadapi kritik keras atas penyelidikan yang mereka lakukan terhadap Lee Sun Kyun?

Sebagaimana diatur dalam Pasal 16 'Peraturan tentang Publisitas Investigasi Polisi, dll.', kepala lembaga kepolisian diberi mandat untuk tidak mengizinkan media memfilmkan atau merekam kehadiran atau proses investigasi.

Jika pembuatan film atau rekaman diperlukan, langkah-langkah harus diambil untuk memastikan bahwa individu yang terkait dengan kasus tersebut tidak terekspos.

Demikian pula, penuntut menerapkan langkah-langkah untuk melindungi tersangka atau orang-orang yang terkait dengan suatu kasus dari paparan media ketika mereka meminta surat panggilan pribadi.

Baca juga: Istri Mendiang Lee Sun Kyun, Jeon Hye Jin Disebut Jadi Target Pelaku Pemerasan

Secara khusus, berdasarkan pedoman Kementerian Kehakiman, penuntut dilarang memfasilitasi kontak media yang bertentangan dengan keinginan orang-orang yang terkait dengan kasus tersebut, dan segala upaya untuk mendorong atau membujuk kontak tersebut juga dilarang.

Namun pada beberapa kasus selebritas, seperti Yoo Ah In dan Lee Sun Kyun, polisi disebut menolak permintaan panggilan pribadi. 

Pada tanggal 22 Desember 2023, sehari sebelum pemeriksaan panggilan ketiga, pengacara Lee Sun Gyun menyatakan melalui panggilan telepon dengan Yonhap News.

"Meskipun Lee Sun Gyun adalah seorang figur publik, polisi telah memanggilnya dua kali secara terbuka," kata kuasa hukum bintang drama Coffee Prince itu.

Baca juga: Putra Sulung Lee Sun Kyun Pimpin Prosesi Pemakaman Ayahnya

"Kali ini, kami meminta panggilan pribadi, tapi tidak diterima," ucap pengacara pada Yonhap News.

Untuk mengingatkan, pada kasus Lee Sun Kyun, selama tiga kali kemunculannya di kantor polisi Incheon, selalu ada media.

Sebelumnya, pada tanggal 28 Oktober, Lee Sun Kyun menghadiri pemeriksaan putaran pertama, di mana ia ditemui oleh segerombolan wartawan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com