Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ogah Beri Anak-anaknya HP, Penelope Cruz: Sangat Mudah untuk Dimanipulasi

Kompas.com - 20/01/2024, 15:02 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Aktris Penelope Cruz bercerita bahwa anak-anaknya, yang berusia sepuluh dan 12 tahun, tidak memiliki ponsel.

Aktris asal Spanyol ini diketahui memiliki seorang putra, Leo dan seorang putri, Luna dari pernikahannya dengan aktor Javier Bardem.

Dalam wawancara baru-baru ini dengan Elle Magazine, Penelope Cruz berkata: “Sangat mudah untuk dimanipulasi, terutama jika Anda memiliki otak yang masih dalam tahap pembentukan.”

Baca juga: Javier Bardem dan Penelope Cruz Berharap Bisa Lewati Kutukan Oscar

Penelope Cruz melanjutkan: “Dan siapa yang menanggung akibatnya? Bukan kita, bukan generasi kita, yang mungkin pada usia 25 tahun, mempelajari cara kerja BlackBerry.”

“Ini adalah eksperimen kejam terhadap anak-anak, remaja,” lanjut bintang Ferrari itu.

Pernyataan tersebut mengikuti komentar serupa yang dibuat Penelope Cruz pada tahun 2021, berbicara di CBS Sunday Morning.

Baca juga: Sinopsis Parallel Mothers, Penelope Cruz Menjadi Seorang Ibu

Aktris tersebut berkata: “Saya sangat tangguh dengan teknologi, misalnya, dengan anak-anak saya, terkadang kami dapat menonton film, atau beberapa kartun. Bagaimana mungkin saya tidak membiarkan mereka menonton film jika itu adalah momen kebahagiaan [saya] yang luar biasa sejak saya masih kecil?”

Penelope Cruz menjelaskan, ia harus memproteksi anak-anaknya dari kemungkinan hal negatif yang diberikan dari ponsel pintar alias smartphone.

“Tetapi tidak menggunakan ponsel sampai mereka sudah lebih besar dan cukup usia, dan tidak boleh menggunakan media sosial sampai mereka berusia minimal 16 tahun. Saya benar-benar melihat hal itu sebagai perlindungan kesehatan mental. Tapi sepertinya saya adalah bagian dari minoritas.”

Baca juga: Film Liam Hemsworth hingga Penelope Cruz Hadir di KlikFilm September 2021

Salah satunya, kata Penelope Cruz, dampak negatif yang ditimbulkan media sosial kepada anaknya jika ia memberikan HP kepada anak-anaknya.

“Saya memiliki hubungan yang sangat aneh dengan media sosial. Di mana saya menggunakannya sangat sedikit dan sangat hati-hati. Ada sesuatu yang tidak masuk akal, dan ini terutama berdampak pada generasi muda. Saya merasa sangat kasihan pada mereka yang masih remaja sekarang,” tutur Penelope Cruz.

Baca juga: Penelope Cruz dan Winona Ryder Bela Johnny Depp dalam Kasus Dugaan KDRT

Dalam pandangan lainnya tentang ponsel, Penelope Cruz melihat, kecanggihan yang ada pada smartphone justru terasa seperti sebuah eksperimen yang dilakukan untuk melihat dampak terhadap pola perilaku anak-anak yang belum cukup matang untuk memainkan handphone.

“Ini hampir [seolah-olah] dunia sedang melakukan semacam eksperimen terhadap mereka. ‘Oh, mari kita lihat apa yang terjadi jika anak berusia 12 tahun terpapar teknologi sebanyak itu’,” kata Penelope Cruz.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com