Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyanyi Wanita Mendominasi Album dan Singel Terlaris di Inggris Sepanjang Tahun 2023

Kompas.com - 03/01/2024, 22:07 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Tahun 2023 terbukti menjadi tahun pemecahan rekor bagi perempuan dalam dunia musik – karena angka-angka baru menunjukkan bahwa musisi perempuan mendominasi album dan singel terlaris selama 12 bulan terakhir di tahun 2023.

Namun, ada kekhawatiran yang muncul mengenai bakat-bakat baru yang akan kesulitan untuk muncul di tangga lagu.

Angka-angka baru yang menunjukkan lagu dan album paling populer di Inggris selama 12 bulan terakhir diterbitkan British Phonographic Institute (BPI), dan mengungkapkan bahwa tangga lagu tahun 2023 dipimpin oleh artis wanita.

Baca juga: Taylor Swift Lampaui Elvis Presley sebagai Artis Solo Pekan Terbanyak di Billboard

Menurut laporan tersebut, wanita menghabiskan 31 minggu di puncak tangga lagu singel Inggris dan menduduki tujuh dari 10 singel terbesar tahun ini.

Lagu-lagu ini termasuk “Flowers” oleh Miley Cyrus, yang dirilis pada bulan Januari dan menghabiskan 10 minggu di puncak tangga lagu singel.

Artis wanita lain yang mendominasi tangga lagu singel termasuk Dua Lipa, Kenya Grace, Ellie Goulding, Billie Eilish, Taylor Swift, Olivia Rodrigo, RAYE dan banyak lagi.

Baca juga: Jungkook BTS Menyamai Rekor Miley Cyrus di Billboard

Yang lebih mengesankan lagi, 48,5 persen dari seluruh lagu yang mencapai Top 10 pada tahun 2023 dirilis oleh perempuan – sebuah tonggak sejarah yang berarti bahwa lagu tersebut merupakan pencapaian tahunan tertinggi yang diraih musisi perempuan dalam Top 10 hits abad ini.

Sedangkan untuk album, The Guardian melaporkan, 12 bulan terakhir menandai tahun kesembilan pertumbuhan industri musik Inggris, dengan penjualan dan streaming meningkat sebesar 10 persen (setara dengan 182,8 juta album) dan streaming mencapai rekor tertinggi dengan 179,6 miliar lebih.

Angka ini naik 12,8 persen dibandingkan tahun 2022 dan hampir dua kali lipat dibandingkan tahun 2018.

Baca juga: Billie Eilish Luapkan Kekesalan Setelah Dikritik Tampil Lebih Feminin

Penjualan vinyl juga terus tumbuh selama 16 tahun berturut-turut: meningkat hampir 12 persen menjadi 6,1 juta unit, tingkat tertinggi sejak tahun 1990.

Meskipun demikian, karena dominasi streaming, yang memudahkan untuk mengakses piringan hitam dari tahun-tahun sebelumnya, tidak ada album baru dari tahun 2023 yang masuk 10 Besar tahun ini secara keseluruhan – kecuali rekaman ulang Taylor Swift untuk albumnya yang dirilis pertama tahun 2014, yang bertajuk 1989.

Sebaliknya, angka dari BPI mengungkapkan bahwa 10 album Teratas mencakup tiga album dari tahun sebelumnya, dan sebagian besar diisi oleh kompilasi lagu klasik dan hits terbesar yang ditemukan kembali.

Baca juga: Dua Lipa Umumkan Detail Singel Baru Houdini

Menurut angka BPI, “Flowers” oleh Miley Cyrus adalah satu-satunya lagu yang dirilis pada tahun 2023 yang mendapatkan sertifikasi double platinum, dan di pasar album, tidak ada rilisan yang cukup populer untuk mendapatkan penghargaan disc platinum (mewakili 300.000 penjualan).

Seperti dilansir BBC, pada tahun 2013, 14 album baru mencapai tonggak sejarah tersebut, dan pada tahun 2003, 51 album baru pada saat itu meraih platinum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com