Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Cukup Hanya Jago Masak, Chef Juna Ungkap Hal yang Harus Disiapkan Saat Mau Ikut MasterChef Indonesia

Kompas.com - 09/12/2023, 10:41 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ternyata merasa memiliki kemampuan memasak saja tak cukup untuk mengikuti ajang MasterChef Indonesia (MCI).

Salah satu juri MasterChef Indonesia, Juna Rorimpandey atau Chef Juna mengatakan selama ini banyak orang berpikir memiliki kemampuan memasak sudah cukup untuk ikut MCI.

Padahal, ada hal yang lebih penting dari itu.

"Mental, itu saja," kata Chef Juna dikutip dari YouTube Ray Janson Radio.

"Kebanyakan kontestan mau ikut MasterChef, mereka pikir bisa masak nih, gue jago, apa pun tantangan yang dikasih gue bisa mengolahnya, no way," lanjut Juna diiringi tawa.

Baca juga: Penjelasan Chef Juna soal Belinda Tak Bisa Potong Daging Domba tapi Menang MCI 11

Karena adanya batasan waktu dalam memasak di setiap tantangan bisa membuat peserta tak bisa berpikir cepat dalam memutuskan jenis masakan yang akan dihidangkan di depan juri.

"Jangan sangka you gonna be sangat jago dalam memasak, sehingga dilempar curveball (sesuatu yang mengejutkan), tahan, pasti bisa. Blank, otak lo blank dikasih waktu 45 menit," ucap Juna.

"Enggak semudah itu. Jadi, punya skill jago masak is good, tapi be humble. Dalam artian punya waktu luang, tonton challenge-challengenya. Bukan cuma hidangan atau cara masaknya, tapi challengenya apa sih," imbuhnya.

Baca juga: Dibenci gara-gara Punya Image Tegas di MCI, Chef Juna: Itu Saya yang Sebenarnya

Dari situ mereka bisa mempelajari seperti apa peraturan di setiap tantangan yang diberikan, pintar membaca dan memanfaatkan kesempatan  yang ada.

"Prepare. Ini bocoran banget, sebenarnya udah sering bocorin, cuma ke kontestan," ucap Juna.

"Kalian nonton dari season 1 atau berapa kek, nonton semua episode, the rules of the game, how to take advantage on the rules of the game saat itu, challenge-nya apa," kata Juna.

Sebagai contoh, Juna mengatakan, jika mereka menonton setiap season MCI, pasti akan menemukan jenis-jenis makanan yang sering ada di dalam tantangan di galeri MCI.

"Misalnya anggap gue kontestan, ikut MasterChef tapi dessert gue biasa aja, enggak jago-jago banget," ujar Juna.

Saat sudah tahu di mana letak kelemahannya, calon peserta coba untuk berlatih membuat hidangan yang menjadi kelemahan itu.

"Enggak mungkin enggak ada tantangan dessert, apa yang perlu kamu lakukan? Kalau gue pribadi, gue akan pelajari tiga kuncian dessert yang berbeda," kata Juna.

"Satu cokelat based, satu buah-buahan, terutama strawberry, raspberry, fruity based, satu lagi yang bener-bener egg based, kayak custard. Gue pegang, gue apalin, syukur-syukur udah latihan di rumah. Suatu hari pasti ada yang keluar itu challenge," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com