Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Jadikan Uang Tujuan Utama dalam Hidup, Christian Sugiono: Gue Bukan Orang yang Serakah

Kompas.com - 09/12/2023, 09:06 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pernah merasakan jatuh bangun sebagai seorang pengusaha, aktor Christian Sugiono tak tergoda untuk memperkaya diri dengan cara-cara instan. 

Berdasarkan banyak pengalaman yang pernah dialami sendiri, Christian mengatakan justru lebih penting bagi seseorang untuk tahu tujuan yang ingin dicapai dibanding hanya berfokus pada nominalnya.

"Advice ini dari gue, karena gue mengalaminya, enggak semua orang bisa apply," kata Christian dikutip dari YouTube Kasisolusi.

"Yang penting kamu tahu mau ngapain dulu," imbuhnya.

Baca juga: Pilih Bangun Perusahaan Sendiri, Christian Sugiono: Gue Enggak Punya Ijazah

Suami aktris Titi Kamal ini kemudian memberikan contoh tujuan yang ingin dilakukan harus sesuatu yang membawa kebaikan baik untuk diri sendiri atau pun orang lain.

"Gue mau bangun rumah buat orangtua gue, itu kan bagus, mulia. Duitnya dari mana? Enggak tahu," ujar Christian.

"Lo niatin dulu mau bangun rumah untuk orangtua lo, kemudian bekerja sesuai porsi kemampuan lo. Biasanya itu akan jadi ini barang," sambungnya.

Dari pengalaman pribadi Christian, biasanya dengan memiliki pemikiran seperti itu dan tentu saja disertai usaha, akan ada jalan tak terduga untuk kemudian hal itu bisa terwujud.

Baca juga: Alasan Christian Sugiono Tak Kesal Saat Ditipu Manajer Rp 1 Miliar

"Jadi jangan pusing, mau bangun rumah orangtua gue Rp 1 M, aduh gimana dapat Rp 1 M? Lo ribet di matematikanya," tutur Christian.

"Bener lo harus cari duit Rp 1 M, tapi, selama lo yakin mau melakukan hal yang mulia, matematika universe-nya jalan. Selama lo enggak nganggur ya, enggak tidur doang ya," imbuhnya.

Mungkin tak banyak orang akan percaya dengan hal itu, tapi karena sudah berulang kali mengalami sendiri, Christian mau tak mau mempercayai hal tersebut.

"Lo jalanin aja, biasanya rezeki datang. Aneh tapi itu benar," kata Christian.

"Jadi jangan ribet di duniawinya yang matematikanya. Akhirnya lo cuma fokus di duit Rp 100.000 itu jadi Rp 1 M dengan cara apa pun, pinjol, judi online, apa pun yang negatif," sambungnya.

Christian yang pernah mencoba berbagai jenis usaha itu kemudian mengatakan, secara pribadi dia memang tidak menjadikan uang sebagai tujuan hidup, melainkan perjalanannya. 

"Gue orang yang enggak serakah, bukan gue sombong," ucap Christian. 

"Motivasi gue bukan uang, motivasi hidup gue adalah the journey," imbuhnya. 

Untuk diketahui, kini Christian Sugiono tak hanya dikenal sebagai salah satu pendiri MalesBanget.com.Tapi dia juga diketahui sebagai pendiri start up, seperti cumi.id dan aplikasi dating SETIPE.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com