Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Bangun Perusahaan Sendiri, Christian Sugiono: Gue Enggak Punya Ijazah

Kompas.com - 07/12/2023, 12:54 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Christian Sugiono, pengusaha dan juga aktor berusia 43 tahun ini blak-blakan bicara tentang alasannya membangun usaha sendiri.

Kembali dari Jerman tanpa menyelesaikan kuliahnya, Christian sadar saat melamar kerja salah satu syarat yang dibutuhkan adalah memiliki ijazah.

"Ketika balik Indonesia, bokap bilang 'mau kerja di mana?' bener juga bokap gue," kata Christian dikutip dari YouTube Kasisolusi.

"Gue enggak bisa kerja di perusahaan karena gue enggak punya ijazah. Karena kalau apply 'kamu lulusan mana?' Gue enggak bisa di situ," jelasnya.

Baca juga: Alasan Christian Sugiono Tak Kesal Saat Ditipu Manajer Rp 1 Miliar

Akhirnya Christian yang sejak kuliah sudah merintis usaha bersama temannya itu memutuskan untuk membangun usahanya sendiri.

"Sehingga gue bikin perusahaan sendiri supaya gue bisa kerja di dalamnya," tutur Christian.

"Gue bikin vehicle gue sendiri, supaya gue bisa jatuh bangun di sini," imbuhnya.

Diakui Christian, keputusannya tak melanjutkan kuliah karena merasa sudah terlalu nyaman di Jerman.

"Gue ngelihat temen-temen gue yang di Jerman, karena di sana sekolah gratis, anak-anak Indonesia banyak yang kepanjangan (sekolahnya) akhirnya keterusan-keterusan. Dan gue ngelihat hidup di Jerman enak, udah teratur, udah jelas hidupnya," ujar Christian.

Baca juga: Kuliah di Jerman Gratis, Christian Sugiono Ungkap Alasan Tak Selesaikan dan Pilih Pulang ke Indonesia

"Justru itu yang bahaya buat gue, karena gue merasa pada saat itu gue udah enak hidupnya, 'ya udah lah gue gini aja, gue happy, bisa nonton konser, ke acara party, pulang tinggal kerja ke restoran, akhir bulan gajian,'" sambungnya.

Sebagai informasi, selama kuliah, Christian juga mencari uang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dengan bekerja di restoran dan menjadi kontributor di Jerman untuk salah satu majalah di Jakarta. 

Berkat berbagai pengalaman yang didapat dan jaringan pertemanan, Christian mulai membangun usaha bersama temannya.

Sampai akhirnya Christian merasa pengetahuan yang didapat dari luar lebih cepat dibanding di perkuliahan. 

"Gue tidak perlu ijazah, ilmu gue udah dapet. Kan gue udah bisa kerja, gue udah bisa kerja sama partner gue, bikin perusahaan web and design, punya klien satu label besar," kata Christian.

"Akhirnya gue memutuskan, di situ (Jerman) hidupnya ketaker, enak. Pacar gue di Indonesia, keluarga gue di Indonesia, ya udah lah, gue rasa ini waktunya gue balik ke Indonesia. Enggak zero banget, tapi gue start new," ucap Christian.

Kini Christian Sugiono tak hanya dikenal sebagai salah satu pendiri MalesBanget.com, tapi juga pendiri start up, seperti cumi.id dan aplikasi dating SETIPE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com