Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmad Albar Ceritakan Titik Terendah God Bless dan Makna 50 Tahun Berkarya

Kompas.com - 06/11/2023, 13:56 WIB
Vincentius Mario,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Ahmad Albar mengungkap beberapa ceritanya mengenai pasang surut grup rock legendaris, God Bless.

Ahmad Albar menyebut titik terendah God Bless ketika ditinggal dua personel, yaitu Fuad Hasan dan Soman Lubis. Berikut rangkuman Kompas.com.

Baca juga: Ahmad Albar Sebut Titik Terendah God Bless Saat Ditinggal Fuad Hasan dan Soman Lubis

Kepergian Fuad Hasan dan Soman Lubis

Vokalis yang akrab disapa Iyek itu mengenang kepergian dua personel awal God Bless, yaitu Fuad Hasan dan Soman Lubis.

Soman Lubis (keyboardist) dan Fuad Hasan (drummer) mengalami kecelakaan ketika berkendara pada 9 Juli 1974 di Pasar Minggu, Jakarta.

"Tahun 1974 itu kehilangan dua personel, Fuad Hasan dan Soman Lubis. dalam kecelakaan di Pasar Minggu. Saat itu Fuad Hasan yang bawa mobil dan Soman Lubis meninggal dunia karena kecelakaan," kata Ahmad Albar dalam konferensi pers virtual, beberapa waktu lalu.

"Dari situ ada pemain yang harus berganti, tapi semua itu kita bersyukur akhirnya kami bisa berkumpul kembali," lanjut Ahmad.

Baca juga: Alasan Ahmad Albar Sempat Dikirim Orangtuanya ke Belanda Sebelum Bentuk God Bless

Makna 50 tahun berkarya

Meski begitu, Ahmad Albar bersyukur God Bless kini memasuki 50 tahun berkarya.

"Buat kami, Godbless itu besar sekali artinya. Kami semua hidup dari Godbless. Kami bangun dari awal, banyak jatuh bangun, ya kami bangga bisa bertahan sampai 50 tahun," jelas Ahmad Albar.

Ahmad Albar bersyukur masih bisa solid dengan solidaritas kuat antarpersonel God Bless.

"Ada up and downnya pasti ya, setiap grup punya kesulitan. Ya beryukur kami bisa tetap bersyukur dengan toleransi yang kuat, saling menghargai sesama anggota," lanjutnya.

Baca juga: Cerita Ahmad Albar Dikirim ke Belanda hingga Bentuk God Bless

Konser 50 tahun berkarya

Untuk merayakan momen bersejarah 50 tahun berkarya, God Bless siap menggelar konser di Istora Senayan, Jakarta Pusat, pada 10 November 2023.

Personel God Bless, seperti Ahmad Albar (vokal), Donny Fattah (bass), Ian Antono (gitar), Abadi Soesman (keyboard), dan Fajar Satriatama (drum), akan tampil di panggung memainkan sejumlah hits legendaris mereka yang telah dirilis dalam sembilan album.

Beberapa nama besar seperti Kaka Slank, Anggun, KotaK, Nicky Astria, dan Eet Syahrani dipastikan turut memeriahkan konser tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com