Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Artis Keturunan Pahlawan, Ada Asri Welas hingga Dian Sastrowardoyo

Kompas.com - 03/11/2023, 15:27 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November untuk mengenang jasa pahlawan yang berhasil merebut kebebasan dari para penjajah.

Meskipun hanya bisa mengenali mereka dari buku sejarah, tapi mereka memiliki anak cucu hingga cicit yang terus melanjutkan perjuangan mereka dengan cara dan di bidangnya masing-masing.

Beberapa diantaranya bahkan terjun di dunia seni seperti Dian Sastrowardoyo hingga Asri Welas, berikut sejumlah selebritas Tanah Air yang masih keturunan pahlawan.

Asri Welas

Asri Welas diketahui merupakan keturunan ketujuh Pangeran Diponegoro dari pihak ibunya.

Namun karena sejarah masa lalu, akhirnya mereka yang menjadi keturunan Pangeran Diponegoro tak memiliki gelar apapun.

Baca juga: Ternyata Masih Keturunan Pangeran Diponegoro, Asri Welas: Zaman Dulu Kita Enggak Boleh Ngomong

Menurut cerita yang pernah didengar Asri dari eyangnya, dulu keturunan Pangeran Diponegoro dimusnahkan oleh Belanda.

"Jadi kalau cerita dari eyang gue adalah, dulu waktu zaman Belanda, itu semua keluarga Diponegoro harus split dan enggak boleh ngaku kalau keturunan Diponegoro," ujar Asri Welas dikutip dari YouTube The Leonardo's.

Setiawan Djody

K.P.H. Salahuddin Setiawan Djodi Nur Hadiningrat atau lebih dikenal sebagai Setiawan Djodi diketahui sebagai cucu pahlawan nasional Dr. Wahidin Sudirohusodo.

Dr. Wahidin Sudirohusodo merupakan penggagas berdirinya organisasi yang didirikan para pelajar School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA), Jakarta.

Nia Dinata

Nia Dinata saat ditemui usai jumpa pers film Kenapa Harus Bule? di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (15/3/2018).Kompas.com/Ira Gita Nia Dinata saat ditemui usai jumpa pers film Kenapa Harus Bule? di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (15/3/2018).

Sutradara Nia Dinata merupakan cicit dari Otto Iskandardinata.

Otto Iskandardinata adalah salah satu pahlawan nasional yang dikenal dengan julukan Si Jalak Harupat ini tercatat sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Dian Sastrowardoyo

Ibu dua anak tersebut merupakan cucu keponakan dari Prof. Mr. Sunario Sastrowardoyo.

Sunario dikenal sebagai satu tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional, Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II.

Baca juga: Jadi Fans Berat Dian Sastro Sejak SMA, Gading Marten: Gue Deg-degan Cuma Sama Dia Doang

Selain itu, Sunario adalah salah satu tokoh Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan Indonesia dan pernah menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com