Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan JAFF 2022, Bioskop Online Gelar Road Show ke Medan Sajikan Diskusi dan Pemutaran Film

Kompas.com - 23/10/2023, 12:53 WIB
Cynthia Lova,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) kembali diselenggarakan tahun 2023 ini untuk yang ke-18 kalinya.

Didukung oleh Bioskop Online, JAFF 18 diselenggarakan pada 25 November hingga 2 Desember 2023.

Menyambut pergelaran tersebut, Bioskop Online dan JAFF menggelar road show di empat kota yaitu Medan, Palembang, Makassar, dan Semarang.

Kota Medan membuka roadshow JAFF dan Bioskop Online ini yang akan diselenggarakan tepatnya di Tengah People & Place, Medan yang telah diselenggarakan pada Sabtu, 21 Oktober 2023 lalu.

Roadshow ini dibuat untuk menjadi wadah bagi para pencinta film, pembuat film, dan praktisi industri kreatif di seluruh Indonesia untuk berkumpul, berbagi pengalaman, serta mendiskusikan isu-isu terkini dalam perfilman.

Harapannya, di setiap sesi roadshow ini dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang industri perfilman.

Tema-tema yang diangkat pun yang banyak diminati oleh para praktisi perfilman. Seperti di sesi pertama yang mengangkat tema "Film Marketing & Distribution" dibawakan oleh Ivan Makhsara sebagai Head of Content Bioskop Online.

“Tujuan dari sesi ini adalah untuk berbagi pengetahuan tentang konsep dan praktik terkini dalam bidang distribusi-promosi film. Semoga sesi ini akan memberikan wawasan berharga dan peluang untuk berkenalan dengan para ahli dalam berbagai aspek produksi dan promosi film,” kata Ivan.

Dalam sesi ini, Ivan memberi tips cara promosi yang tepat atau memilih saluran yang tepat sebagai wadah dari karya-karya sineas.

“Bioskop Online sebagai Rumah Sinema Indonesia juga mendukung sineas yang terus berkarya terkait distribusi dan promosi dengan film-film yang sudah kami kurasi,” ucap Ivan.

Sementara di sesi kedua, yang diisi oleh Ifa Isfansyah selaku produser dan sutradara, mengangkat tema "Film Producing 101: From Script to Screen and Beyond".

Dalam sesi kedua ini, Ifa banyak memberikan pemahaman tentang peran seorang produser dalam menyajikan sebuah karya film.

Ifa mengatakan, produksi adalah pikiran atau ide yang kreatif untuk suatu project film.

“Memang yang akan kita bicarakan adalah sesuatu yang sifatnya administrasi atau manajemen. Ini berapa kali syuting? Ini budget-nya berapa? Ini proyeksi pemasukannya berapa? Ini teknisnya untuk seperti apa? Tapi semua jawaban-jawaban atas pertanyaan yang sifatnya administrasi tadi itu pertimbangannya pertimbangan kreatif,” kata Ifa.

Pada sesi ketiga ada pemutaran film Counter Coy garapan Muamar Husin dan Kucumbu Tubuh Indahku garapan Garin Nugroho.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com