Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemampuan Penyanyi Teruji di Atas Panggung, Once: Itu yang Membedakan Asal Lewat dan yang Berdedikasi

Kompas.com - 21/10/2023, 13:49 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Penyanyi Elfonda Mekel atau Once berikan pandangannya tentang penyanyi yang terdengar berbeda antara hasil dari rekaman dan saat mereka tampil secara langsung di atas panggung.

Dari begitu banyak penyanyi rekaman yang populer, hanya sedikit yang akhirnya bisa bertahan di industri musik.

Menurut Once di situ pentingnya untuk seorang penyanyi tampil di panggung secara live untuk menguji kemampuan mereka yang sesungguhnya.

"Lo punya lagu bagus, hits bagus, kalau lo enggak bisa pertanggungjawabkan di panggung, itu akan berakibat pada rate lo juga," ucap Once dikutip dari YouTube XVG Tv.

Baca juga: Cerita di Balik Lagu Kucinta Kau Apa Adanya, Once: Itu Sebenarnya Demo, Ada yang Ambil

"Karena banyak sekali lagu silih berganti di pasar rekaman," lanjutnya.

Once menggambarkan industri rekaman yang saat ini banyak diisi dengan penyanyi-penyanyi baru.

Selain karena memang memiliki kemampuan, mereka juga didukung kemajuan teknologi, sehingga menghasilkan kualitas rekaman jauh lebih bagus dibandingkan zaman dulu. 

Mereka juga bisa belajar sendiri melalui internet. Karena itu, persaingan diantara penyanyi juga semakin besar, dan hanya sedikit yang akhirnya bisa tetap bertahan.

"Sebenarnya diantara yang ada dalam pasar rekaman, ada yang artisnya memang istimewa, artinya serius, panggungnya bagus," ujar Once.

Baca juga: Pernah Audisi Once sebagai Vokalis Romeo, Bebi: Mau Ngetop Enggak?

"Ada yang asal lewat doang. Karena semua bisa nyanyi kok kalau rekaman," imbuhnya.

Karena itu, Once berpendapat bahwa satu hal yang akhirnya akan membedakan kualitas, reputasi penyanyi satu dengan lainnya adalah kemampuan mereka tampil secara langsung di atas panggung.

"Sebenarnya kalau menurut gue, lo mesti buktiin di panggung, dan itu bukan sekali. Setidaknya dalam 10 kali manggung, lo mesti 7 kali bagus, 3 kali jelek, gagal, enggak apa-apa," ucap Once.

"Tapi kalau lo main 10 kali, 5 kali bagus, 5 kali jelek, you're not going anywhere," sambungnya.

Kualitas penyanyi di atas panggung itu juga yang pada akhirnya akan menjadi seleksi alam diantaranya banyaknya orang yang menjadi penyanyi rekaman saat ini.

"Persaingan mereka juga banyak banget, makanya tadi gue bilang, kalau niat jadi musisi, buktikan di panggung," ujar Once.

"Dan cukup lama membuktikan itu sebagai reputasi. Karena itu yang membedakan yang asal lewat dan yang betul-betul berdedikasi," kata Once.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com