Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klarifikasi Maudy Ayunda soal Hapus Pilihan Ganda kalau Jadi Menteri Pendidikan

Kompas.com - 17/10/2023, 17:12 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Aktris dan penyanyi Maudy Ayunda memberikan klarifikasi berkait pernyataannya beberapa waktu lalu yang sempat viral di media sosial.

Pernyataan Maudy Ayunda yang viral itu adalah ketika dirinya menyatakan akan menghapus soal pilihan ganda bagi pendidikan di Indonesia andai jadi Menteri Pendidikan RI.

Maudy Ayunda tak menyangka, pernyataan singkatnya itu menjadi viral di media sosial.

Menurut Maudy Ayunda, pernyataannya itu sebenarnya dalam rangka untuk mempromosikan sebuah konten edukasi.

Baca juga: Penjelasan Maudy Ayunda Usai Pernyataan soal Hapus Pilihan Ganda Tuai Pro Kontra

“Jadi awal itu viral aku agak kaget, karena kan itu konteksnya aku lagi ditanyain sama Felicia TikToker dan itu kita lagi promo bikin konten terus habis itu konteksnya aku harus jawab pertanyaan singkat secara cepat, kan ditanyain ‘Maudy kalau hari ini jadi menteri pendidikan mau apa?’ gitu, Nah jawaban yang aku mau sampaikan itu adalah sesuatu yang lagi muncul di kepalaku karena aku pernah nulis soal itu,” tutur Maudy Ayunda seperti dikutip dari kanal YouTube Curhat Bang Denny Sumargo, Selasa (17/10/2023).

Maudy Ayunda menjabarkan, secara gamblang sebenarnya ia tak ada keinginan untuk menghapus soal pilihan ganda dari pendidikan di Indonesia.

Tetapi, Maudy Ayunda lebih menekankan kepada improvisasi parameter penilaian proses belajar mengajar dengan mendorong cara berpikir kritis yang lebih luas kepada murid sekolah di Indonesia.

Baca juga: Respons Maudy Ayunda Dicap Sombong gara-gara Video Viralnya Terlihat Abaikan Sapaan Penggemar

“Tapi aku juga sebenarnya aku enggak pernah bilang soal menghapus pilihan ganda, aku lagi bilang asesmen bisa kita improve dengan dibuat lebih banyak lagi soal critical thingking, salah satunya soal open ended question itu,” ucap Maudy Ayunda.

Meski sempat mendapat banyak kritik dari pernyataannya itu, Maudy Ayunda tak masalah.

“Kayaknya enggak apa-apa pasti ada yang enggak setuju, Cuma ada peran click battle juga di situ, sebenarnya di video itu aku bukan pengin jadi Menteri dan bukan kebijakan satu-satunya soal pilihan ganda,” ucap Maudy Ayunda.

Baca juga: Respons Maudy Ayunda Dicap Sombong gara-gara Video Viralnya Terlihat Abaikan Sapaan Penggemar

Ada pun sebelumnya, Maudy Ayunda sempat diminta untuk menjawab sebuah pertanyaan singkat dengan cepat dalam sebuah konten di TikTok oleh seleb TikTok Felicia Tjiasaka.

Maudy Ayunda ditanya apa yang akan dilakukannya andai jadi Menteri Pendidikan Indonesia.

Maudy Ayunda lantas menjawab akan mengubah satu sistem evaluasi pendidikan atau asesmen.

"Aku pasti akan mengubah, satu, assessment (evaluasi pendidikan), Kalau assessment-nya itu open ended question dan bukan multiple choice, pasti murid juga belajarnya beda Guru juga ngajarnya beda, dan akhirnya yang di grading critical thinking dan analyzing (yang dinilai berpikir kritis dan analisis) dibandingin sama memorization (menghapal). Karena assessment itu filtering through (menyaring), akhirnya mempengaruhi cara guru mengajar. Cara siswa belajar, cara orangtua memberi motivasi anak mereka, Tapi di luar itu, misi terbesar aku adalah pengin membangun budaya cinta belajar aja di Indonesia, Jadi, sesuatu yang kecil menurutku bisa revolusioner" pernyataan lengkap Maudy Ayunda dikutip dari YouTube short Felicia Tjiasaka.

Baca juga: Baru Tahu Suaminya Pernah Jadi Guru, Maudy Ayunda: Pantas Kamu Menggemaskan

Pernyataan Maudy Ayunda ini lantas menjadi viral.

Ada yang setuju karena melihat latar pendidikan Maudy Ayunda yang berkualitas, tetapi ada juga yang mengkritik pernyataan Maudy Ayunda karena dianggap kurang melihat kondisi pendidikan di Indonesia secara menyeluruh.

Maudy Ayunda diketahui pendidikan S1-nya merupakan lulusan dari Oxford University dengan predikat cumlaude di jurusan PPE atau Politic, Philosopy, and Economics. Berdasar QS World University Rankings 2021, Oxford University masuk dalam peringkat kelima universitas terbaik di dunia di tahun 2021.

Baca juga: Baru Tahu Suaminya Pernah Jadi Guru, Maudy Ayunda: Pantas Kamu Menggemaskan

Sementara itu, Maudy Ayunda menyelesaikan jenjang S2 nya dari Stanford University. Maudy lulus dalam waktu dua tahun dengan dua jurusan sekaligus, Administrasi Bisnis dan Pendidikan. Sehingga ketika lulus, Maudy langsung mendapat dua gelar sekaligus, MA dan MBA. Stanford University, tempat Maudy mengenyam pendidikan S2 merupakan perguruan tinggi terbaik kedua di dunia setelah Massachusetts Institute of Technology (MIT) versi QS World University Rankings 2021.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com