Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Slank Formasi 13 Rencana Reuni Tahun Ini untuk Pertama Kalinya

Kompas.com - 05/10/2023, 21:09 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Pada saat pergelaran festival musik cadas Jogjarockarta 2023, grup band Slank menarik perhatian banyak orang.

Hal lantaran Slank tampil dengan dua eks personelnya dari Slank formasi 13, yakni Pay dan Bongky.

Pay dan Bongky secara bergantian naik ke atas panggung untuk tampil bersama Slank di Jogjarockarta yang digelar di Kridosono, Yogyakarta, pada 30 September 2023.

Baca juga: Lagunya Dibawakan Ahmad Dhani Cs, Kaka Slank: Seksi Versi Dewa 19

Dalam penampilan tersebut, hanya kurang Indra Qadarsih.

Berkait hal ini, Bongky Marcel atau Bongky BIP mengaku tampilnya ia dalam penampilan Slank di Jogjarockarta sebagai pemanasan menjelang reuni.

“Reuni barcon namanya ha-ha, kemarin ini sebenarnya buat pemanasan bahwa nanti ada rencana F13 yang full untuk konser, kalau kemarin kan tamunya dari luar metal, kita buat pemanasan maksudnya,” ucap Bongky yang dulu pernah mengisi posisi bas di Slank, seperti dikutip dari kanal YouTube Jakartashowbiz, Kamis (5/10/2023).

Baca juga: Puji Bimbim Cs, Ahmad Dhani: Pertama Suka Musik Rock Itu Slank

Bongky menyebut, jika tak ada aral melintang, ia bersama Pay Burman, dan Indra Qadarsih siap untuk reuni bareng Slank sebagai formasi 13 untuk pertama kalinya sejak mereka hengkang dari band yang bermarkas di Potlot ini.

Rencananya, kata Bongky, reuni Slank formasi 13 ini bakal digelar tahun ini, tetapi Bongky tak bisa memastikan jadwalnya.

“Insyaallah kalau lancar ya, ini kan masih tarik ulur, ada pilpres segala macam, mudah-mudahan lancar, kalau lancar ya jadi, kalau pending ya harus jadi juga,” ucap Bongky.

Baca juga: Ketika Slank dan Dewa 19 Saling Memuji, Ahmad Dhani Bilang Revolusioner dan Bimbim Sebut Keren

Diketahui, Slank pertama kali berdiri pada tahun 1983 beranggotakan Erwan (vokal), Bongky (gitar), Kiki (gitar), Bimbim (drum) dan Denny BDN (bas). Karena usia personel masih sangat muda, dan Slank yang belum melahirkan karya saat itu terus berganti personel sebanyak 12 kali.

Hingga, pada 1989, setelah Kaka yang masih 16 tahun bergabung sebagai vokalis, barulah Slank berhasil menemukan formasi yang solid dengan komposisi Kaka (vokal), Bimbim (drum), Bongky (bas), Indra Q (keyboard), dan Pay (gitar).

Baca juga: Respons Ahmad Dhani Saat Anang Tanya soal Hubungan sama Slank dan Perkelahian Bebi Romeo dengan Geng Potlot

Lewat formasi 13 ini, Slank begitu liar dan haus dalam berkarya.

Karya-karya dan pembawaan mereka langsung menjadi idaman para pemuda saat itu. Namun sayang, menyusupnya narkoba ke para personel membuat formasi 13 hanya bertahan sampai tahun 1996. Tepat satu tahun setelah Slank mengeluarkan album Minoritas.

Setelah setahun terombang-ambing, Slank yang sempat berantakan akhirnya menemukan kembali rohnya dalam bermusik dengan kehadiran Abdee, Ridho dan Ivanka. Formasi itu pun disebut sebagai formasi 14 dan bertahan hingga saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com