Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Besar Koes Plus Tegaskan Hanya Band T’Koes yang Dilarang Bawa Lagu-lagu Koes Plus

Kompas.com - 28/09/2023, 19:12 WIB
Cynthia Lova,
Andika Aditia

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keluarga besar band Koes Plus menegaskan hanya band T’Koes yang dilarang membawa lagu-lagu Koes Plus.

Hal tersebut diungkap anak-anak dari personel Koes Plus, yakni David Koeswoyo mewakili keluarga Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo mewakili Tony Koeswoyo, Rico mewakili keluarga Murry, dan Sari Koeswoyo mewakili Yok Koeswoyo saat jumpa pers pada Kamis (28/9/2023).

Lewat kuasa hukum perwakilan keluarga Koeswoyo, Singgih Tomi Gumilang menegaskan hanya band T’Koes yang dilarang membawakan lagu-lagu Koes Plus.

Baca juga: Sebelum Larang Band T’Koes Bawakan Lagu Koes Plus, Sari Sudah Diskusi dengan Yok Koeswoyo

Ada pun band T’Koes digawangi Agusta Dwi Susanto Marzall, Fajaru Al Azhari, Ghalifa Al Baladi, dan Jim Qory Al Ghafary.

“Hari ini kami fokus kepada memberi penegasan bahwa hanya T'Koes band dengan formasi yang tadi yang tidak boleh membawakan lagu-lagu legendaris ciptaan Koes Plus,” ujar Singgih di daerah Haji Nawi, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023).

Sementara, keluarga besar Koes Plus lainnya, membolehkan pelestari lainnya membawakan lagu-lagu Koes Plus asal sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca juga: Apakah TKoes Band Ada Hubungan Keluarga dengan Koes Plus?

Selain itu, pelestari lainnya diharapkan tetap menghargai dan menghormati keluarga besar Koes Plus. Terutama dengan Yok Koeswoyo, salah satu personel Koes Plus yang masih ada.

“Dan band-band pelestari yang lain boleh membawakan lagu-lagu Koes Plus asalkan dengan unggah-ungguh yang baik dan sesuai hukum positif,” kata Singgih.

Singgih juga mengungkapkan hal yang melatar belakangi keluarga besar Koes Plus melarang T’Koes membawakan lagu-lagu Koes Plus.

Baca juga: Profil TKoes Band, Grup Musik yang Dilarang Nyanyikan Lagu Koes Plus

Salah satunya, munculnya sebuah video, Agusta Dwi Susanto Marzall yang juga merupakan pendiri T'Koes sedang berbincang dengan seorang purnawirawan perwira TNI AL.

Dalam video tersebut, ada pernyataan bahwa anak-anak dari personel Koes Plus dianggap tidak jelas. Yang membuat keluarga besar Koes Plus sakit hati karena pernyataan tersebut tak disanggah oleh Agusta.

“Pemicu keputusan klien kami tersebut adalah karena telah terjadi rasa ketersinggungan atas beredarnya sebuah video perbincangan yang dilakukan antara seseorang yang diduga adalah sebagai purnawirawan anggota dengan T’Koes Band tersebut,” ucap Singgih.

Baca juga: Band T’Koes Tanggapi Larangan Bawakan Lagu-lagu Koes Plus, Ingin Selesai Baik-baik

Selain itu, keluarga besar Koes Plus juga merasa selama ini band T’Koes sebagai pelestari tidak menghargai Koes Plus, terutama Yok Koeswoyo, personel Koes Plus yang masih tersisa saat ini.

Bahkan, kata Singgih, kliennya menilai ada beberapa sikap dari band T’Koes yang menyinggung harkat dan martabat keluarga besar Koes Plus.

“Dalam perjalanan T'Koes Band, semenjak kelahirannya pada tahun 2007, keluarga besar Koes Plus merasa tidak nyaman atas beberapa hal yang menyangkut unggah-ungguh dan atau tindak-tanduk T'Koes Band,” ujar Singgih.

Baca juga: Band T’Koes Tanggapi Larangan Bawakan Lagu-lagu Koes Plus, Ingin Selesai Baik-baik

“Di mana dalam hal ini dirasa amat sangat menyinggung harkat dan martabat keluarga besar Koes Plus. Namun, kami memohon maaf karena kami tidak diberi kuasa untuk mengungkapnya, dengan pertimbangan utama yaitu menjaga privasi dari keluarga besar Koes Plus,” tutur Singgih.

Sebagai informasi, band T’Koes dikenal sebagai grup musik tribute pembawa lagu lawas, khususnya lagu milik Koes Plus. Namun, band T’Koes sendiri tak memiliki hubungan keluarga dengan keluarga besar Koes Plus.

Sebagai informasi, Koes Plus adalah band legendaris yang didirikan pada tahun 1968. Koes Plus sendiri sebelumnya bernama Koes Bersaudara. Pergantian nama dari Koes Bersaudara menjadi Koes Plus terjadi setelah Nomo Koeswoyo hengkang dan posisinya digantikan oleh Murry sebagai drummer.

Baca juga: Terima Larangan dari Keluarga, T’Koes Sepakat Tak Bawakan Lagu Koes Plus Lagi

Begitu banyak lagu hit dan masih eksis sampai sekarang yang diciptakan Koes Plus. Di antaranya “Kolam Susu,” “Andaikan Kau Datang,” “Bujangan,” “Buat Apa Susah,” “Why Do You Love Me,” dan masih banyak lainnya. Saat ini, personel Koes Plus yang tersisa hanya Yok Koeswoyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com