Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takeshi's Castle Kembali Tayang di Indonesia dan Perbedaannya dengan Siaran Televisi

Kompas.com - 27/09/2023, 09:15 WIB
Sania Mashabi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Game show Takeshi's Castle Jepang akan kembali tayang di Indonesia melalui platform Prime Video.

Takeshi's Castle kali ini akan berbeda dari yang disiarkan di televisi sebelumnya karena suara para pemain dan pembawa acaranya akan diisi oleh para pelawak Indonesia.

Hal itu diungkapkan oleh sutradara sekaligus penulis naskah siaran Takeshi's Castle Jepang khusus di Prime Video, yakni Fluxcup.

"Ada Dimas Danang, ada Soleh Solihun, ada Imam Darto, kemudian ada Wendi Cagur, Kiky Saputri," kata Fluxcup di The Hermitage, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2023).

Baca juga: Dimas Danang hingga Kiky Saputri Jadi Pengisi Suara Takeshis Castle

Selain diisi oleh para pelawak Indonesia, Takeshi's Castle kali ini juga akan memiliki naskah yang dilokasi oleh Fluxcup selaku penulis naskah dan sutradara.

Naskah dibuat lokal Indonesia dengan cara membuat naskah dengan membaca gerak bibir para peserta dan pembawa acara Takeshi's Castle Jepang.

"Tantangan buat aku sendiri bagaimana caranya untuk me-localize dan kemudian mengubah plot itu sendiri. Jadi plot yang udah ada kami acak lagi. Kami jadikan lagi sebagai tontonan baru," ujarnya.

"Kan kalau alih suara hanya mentranslate ya, bedanya dengan Takeshi's Castle yang lalu adalah saya membaca semua gerak bibir semua para peserta di Jepangnya," lanjut dia.

Baca juga: Jadi Penulis Naskah Takeshis Castle Jepang di Prime Video, Fluxcup Baca Gerakan Bibir Semua Peserta

Pembuatan naskah lebih lama

Program Takeshi's Castle akan ditayangkan di Prime Video pada November 2023.Dok. Prime Video Program Takeshi's Castle akan ditayangkan di Prime Video pada November 2023.

Menurut Fluxcup, proses pembuatan naskah, menjadi sedikit lebih lama yakni tiga bulan karena ia harus selalu membaca gerak bibir peserta di Takeshi's Castle.

"Dan itu sangat cukup menjadi menantang buat saya ketika saya melihat ada sebuah gerakan bibir yang sinkron itu buat saya memuaskan," tuturnya.

Setelah naskah jadi, lanjut Fluxcup, suara para peserta Takeshi's Castle diisi oleh Dimas Danang, Soleh Solihun, Imam Darto, Wendi Cagur, dan Kiky Saputri.

Dalam proses pengisian suara para talent pengisi suara juga banyak melakukan improvisasi.

Baca juga: Reboot Takeshis Castle Akan Tayang Awal November 2023

"Ketika talent sudah hadir itu kadang kita mengalami spontanitas lagi," ucap Fluxcup.

Game show Takeshi's Castle akan tayang di Prime Video pada 16 November 2023. Setiap minggunya akan ada dua episode yang akan ditayangkan.

Sebagai informasi, Takeshi's Castle adalah game show asal Jepang yang disiarkan dari tahun 1986 sampai 1989 di Tokyo Broadcasting System.

Acara ini juga masuk ke berbagai negara di dunia seperti Amerika Serikat, Inggris, Filipina, dan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com