Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Hendry Roris P Sianturi
Pengajar

Pengajar di Universitas Singaperbangsa Karawang, Lulusan Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia

Terlanjur Beken dengan Nama Panggung

Kompas.com - 03/06/2023, 06:09 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

GERAKAN senam Surya Utama, yang populer dengan nama panggung Uya Kuya, dan Astrid Margareta alias Astrid Kuya, begitu bersemangat.

Kamis pagi, saat Hari Lahir Pancasila kemarin, pasangan suami istri itu mengadakan senam bareng warga Kebagusan di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sesekali keduanya keduanya berswafoto dengan emak-emak sambil berjoget ria.

Uya Kuya mengabadikan kegiatan kampanyenya itu di reels, salah satu fitur media sosial Instagram dengan akun king_uyakuya.

Tampak Uya Kuya dan Astrid kompak menggunakan baju berwarna biru, simbol warna Partai Amanat Nasional (PAN), partai yang mengusung mereka menjadi calon anggota legislatif.

Keduanya sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum. Uya Kuya maju menjadi bakal Caleg DPR RI dengan daerah pemilihan DKI Jakarta II. Dapil ini mencakup Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Luar Negeri.

Sementara Astrid maju menjadi bakal Caleg DPRD DKI Jakarta dengan Dapil Jakarta Selatan A. Dapil ini mencakup Kecamatan Setiabudi, Kebayoran Baru, Cilandak, Kebayoran Lama, Pesanggrahan.

Dapil Uya dan istrinya memiliki irisan. Karena warga di dapil Astrid termasuk konstituen Uya. Uya dan Astrid bisa melakukan kampanye bersama di daerah Jakarta Selatan.

Strategi pemilihan dapil untuk pasangan suami istri ini, menguntungkan keduanya. Biaya politik dan waktu kampanye bisa lebih efisien.

Tingkat eksposur tayangan Uya Kuya dan Astrid, baik melalui media massa maupun media sosial, juga tinggi. Efeknya, popularitas atau keterkenalan mereka besar.

Kanal Uya Kuya TV, misalnya, memiliki 4,14 juta subscriber per 2 Juni 2023. Ada 947 unggahan video dan telah ditonton 644.281.817 kali.

Kanal Uya Kuya tadi seringkali kali mengangkat topik dan persoalan yang sedang ramai di publik. Mulai dari kasus Ferdy Sambo, Rafael Alun, praktik jual beli narkoba di penjara, hingga isu intimidasi Tenaga Kerja Wanita di luar negeri.

Dengan modal popularitas ini, Uya Kuya dan Astrid memiliki kans besar lolos menjadi anggota Dewan.

Meski memiliki banyak kekuatan, debut pertama artis ataupun pesohor di Pileg seringkali antiklimaks alias tidak sesuai dengan harapan Si Pesohor.

Sebut saja Rieke Diah Pitaloka Intan Purnamasari, pemeran Oneng dalam Sinetron Komedi (Sitkom) Bajaj Bajuri. Sebelum menjadi anggota DPR selama 14 tahun, Rieke pernah gagal sebagai caleg pemula.

Pada Pileg 2004, pertama kali nyaleg, Rieke keok. Perolehan suaranya hanya 9.333 suara di Dapil Jawa Barat IV. Ketika itu Rieke maju lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com